Politik Pemerintahan

Program Beasiswa Santri Dianggarkan Rp 7 M

Pamekasan (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menyiapkan alokasi anggaran sebesar Rp 7 miliar untuk program beasiswa santri yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

“Total santri yang bakal mendapatkan bantuan program beasiswa khusus santri tahun ini sebanyak 1.500 orang, total anggaran yang kami siapkan anggaran sebesar Rp 7 miliar,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Kamis (20/2/2020).

Dari itu pihaknya saat ini tengah intens melakukan training of trainer untuk pelaksanaan pola peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program bantuan beasiswa santri. “Namun yang pasti, prioritas kami untuk program ini adalah santri yang hafal Al-Qur’an,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya menjelaskan prorgam tersebut dilakukan sebagai upaya menampung keluarga kurang mampu yang tidak tercover dalam program bantuan pemerintah pusat, yakni Kartu Indonesia Pintar (KIP). “Jadi prorgam beasiswa santri ini sebagai salah satu bentuk dukungan nyata dari pemkab Pamekasan dalam peningkatan SDM,” jelasnya.

“Jadi jenis beasiswa santri yang dicanangkan pemkab Pamekasan ini, pelaksanaannya dimulai tahun ini. Jadi program ini sebagai bentuk dukungan bagi santri khususnya yang hafal al-Qur’an,” pungkas bupati muda yang akrab disapa Ra Badrut.

Seperti diketahui, prorgam bantuan beasiswa khusus santri yang digagas Pemkab Pamekasan dilakukan sebagai upaya peningkatan SDM melalui program beasiswa santri. Khususnya masyarakat di kabupaten Pamekasan yang sebagian besar lebih menggemari pendidikan pesantren. [pin/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar