Politik Pemerintahan

Pertumbuhan Ekonomi Jember di Bawah Banyuwangi dan Situbondo

Khofifah berpidato dalam sertijab Bupati Jember. [foto: Setwan DPRD]

Jember (beritajatim.com) – Kabupaten Jember termasuk dalam 25 kabupaten dan kota yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi di bawah provinsi Jawa Timur. Pertumbuhan ekonomi Jember masih di bawah dua kabupaten tetangga, Banyuwangi dan Situbondo.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Timur, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Jember pada 2019 saat masa pemerintahan Bupati Faida, sebesar 5,31 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi Jatim adalah 5,52 persen, Banyuwangi 5,55 persen, dan Situbondo 5,45 persen.

“Memang masing-masing kabupaten-kota mengalami kontraksi. Pemprov juga kontraksi. Tapi jika dibandingkan provinsi lain di Jawa, Jawa Timur Insya Allah masih lebih baik,” kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa, saat memberikan pidato sambutan dalam sidang paripurna serah terima jabatan kepala daerah dari Pelaksana Harian Bupati Hadi Sulistyo kepada Bupati Hendy Siswanto di gedung DPRD Jember, Selasa (2/3/3021).

Khofifah mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo kepada birokrasi agar bekerja cepat, cerdas, dan tepat serta detail. “Pak Bupati dan Pak Wakil Bupati harus lari agak kencang, supaya pertumbuhan ekonomi di Jember bisa mengikuti keberiringan pertumbuhan ekonomi, terutama bisa melampaui pemprov, tentu lebih bagus,” katanya.

Namun indeks gini Jember sama dengan Banyuwangi, yakni 0,34. Sementara indeks gini di Jatim 0,364. “Ketimpangan (ekonomi warga)-nya relatif lebih kecil dibandingkan Provinsi Jawa Timur,” kata Kjofifah.

Sementara itu, tingkat pengangguran terbuka di Jember sebesar 5,12 persen. Angka ini memang lebih baik daripada nasional (7,07 persen) dan Jawa Timur (5,84 persen). Namun indeks pembangunan manusia (IPM) di Jember harus diperbaiki, karena masih di bawah Jawa Timur (71,11). IPM Jember (67,11) juga masih di bawah Banyuwangi (70,62) dan Situbondo (67,38).

Khofifah meminta kepada Bupati Hendy agar mendorong layanan pendidikan, kesehatan, dan mempercepat peningkatan sumber-sumber pendapatan daerah. “Jember harus bersama-sama melakukan ikhtiar,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar