Politik Pemerintahan

Pajak Hotel Anjlok, Pajak Reklame di Jember Justru Meningkat

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pendapatan Daerah Jember Suyanto [Foto: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Pandemi membuat target penerimaan pajak daerah di Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun lalu tak tercapai. Penerimaan pajak hotel anjlok, penerimaan pajak reklame meningkat.

Tahun lalu, target penerimaan pajak daerah adalah Rp 202 miliar dan tercapai 86 persen. “Dampak pandemi cukup signifikan. Kegiatan usaha tidak dalam kondisi normal. Kemampuan membayar pajak berkurang, karena pengunjung (tempat usaha) berkurang,” kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Pendapatan Daerah Jember Suyanto, Rabu (17/3/2021).

Penerimaan pajak yang paling anjlok ada pada sektor hotel. “Biasanya dalam kondisi normal, pada 2019, bisa tercapai Rp 6 miliar. Dalam situasi pandemi, 50 persen tidak tercapai. Rp 3 miliar saja tidak tercapai,” kata Suyanto.

Sementara, pada 2020, dari 1.774 obyek reklame pajak, ada penerimaan pajak sebesar Rp 3,4 miliar. “Dibandingkan tahun 2019, ada kenaikan. Reklame sangat strategis dan selama ini pembayaran tidak ada kendala selama proses perizinan lancar,” kata Suyanto.

Suyanto berharap pandemi bisa segera berakhir. Targetnya, tahun ini ada kenaikan penerimaan pajak sebesar Rp 10 miliar dibandingkan tahun sebelumnya. “Mudah-mudahan dengan adanya pendelegasian kewenangan perizinan ke DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) akan meningkatkan penerimaan pajak daerah, khususnya dari sektor reklame,” katanya. Potensi pajak reklame bisa lebih besar. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar