Politik Pemerintahan

Menangi Penghargaan Destana Kategori Madya, Kelurahan Ketami Dihadiahi Kentongan

Kediri (beritajatim.com) – Kelurahan Ketami berhasil mendapatkan hadiah berupa kentongan dari BPBD Propinsi Jawa Timur. Kentongan ini diserahkan oleh Kasi PL BPBD Prov Jatim, Tiffany Rita Bawole kepada Lurah Ketami, F. Yeriastika di kantor Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren.
Penghargaan Destana Award ini berhasil diraih Kelurahan Ketami berkat inovasi dari Kelurahan Ketami dan BPBD Kota Kediri dalam pengkajian resiko bencana, perencanaan penanggulangan bencana, pembentukan forum Pengurangan Resiko Bencana (PRB), peningkatan kapasitas, serta laporan kegiatan.
“Kota Kediri menjadi salah satu dari 4 daerah di Jawa Timur yang menerima penghargaan destana tingkat madya. Karena memang Kota Kediri memiliki kesiapsiagaan yang bagus dalam menghadapi bencana, seperti kebakaran lahan, yang disimulasikan tahun kemarin,” ujar Tiffany saat ditemui di Kelurahan Ketami usai menyerahkan kentongan.
Dalam kesempatan yang sama Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Adi Sutrisno, berharap dengan berhasilnya Kelurahan Ketami di Destana Award ini bisa memacu kelurahan lain untuk membentuk kelurahan tanggap bencana.
“Harapan kami, 46 kelurahan di Kota Kediri bisa menjadi Destana. Kami juga menghimbau kepada pihak kelurahan, kecamatan dan masyarakat untuk bekerjasama menyiapkan kelurahannya masing-masing, baik itu secara anggaran dana, SDM, maupun peralatan yang dibutuhkan berdasarkan potensi bencana di lingkungannya,” tambah Adi.
Kelurahan Ketami merupakan satu-satunya  kelurahan di Kota Kediri yang meraih penghargaan Destana Award tahun 2019. Sebenarnya ada lima kelurahan di Kota Kediri yang diajukan oleh BPBD untuk mengikuti Destana Award, yaitu Kelurahan Pojok, Kelurahan Burengan,  Kelurahan Manisrenggo, Kelurahan Ketami dan Kelurahan Singonegaran.
Namun hanya Ketami yang mendapatkan penghargaan sebagai Kelurahan Tangguh Bencana kategori Madya.  Penghargaan ini diberikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya pada bulan Oktober lalu. Selain menerima trofi, piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar 10 Juta, Kelurahan Ketami juga mendapatkan Kentongan dari BPBD Provinsi Jawa Timur, yang diberikan pada hari ini.
Sebelum pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, khususnya Kota Kediri, Pemkot Kediri telah membentuk beberapa desa atau Kelurahan Tangguh Bencana (destana). Dengan destana ini  Pemkot Kediri mengharapkan kesiapsiagaan masyarakat terhadap suatu bencana yang tidak dapat diprediksi kapan datangnya, seperti halnya pandemi saat ini, semakin meningkat. [nm/kun]




Apa Reaksi Anda?

Komentar