Politik Pemerintahan

Kota Kediri Ikuti Lomba 10 Program PAAR Cinta Kasih Tingkat Nasional 2020

Kediri (beritajatim.com) — Kota Kediri akan dinilai dalam Lomba 10 Program Pokok PKK Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Cinta Kasih tingkat Nasional 2020. Dimana penilaian akan dilakukan di Kelurahan Pojok. Kota Kediri terpilih setelah tahun lalu mengikuti Lomba 10 Program Pokok PKK ditingkat Provinsi. PAAR sendiri merupakan bagian dari Pokja I TP PKK.

Jajaran Pemerintah Kota Kediri, TP PKK Kota Kediri dan OPD terkait melaksanakan persiapan dengan menggelar rapat koordinasi di Ruang Kilisuci Balaikota Kediri, Senin (24/2/2020) malam.

Rapat koordinasi yang langsung dipimpin oleh Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar ini membahas penyusunan laporan dan pembagian tugas untuk OPD-OPD terkait.

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan arahan agar semua OPD berkolaborasi dan bekerjasama dalam penyusunan laporan ini. Karena setiap OPD harus mengumpulkan data terkait kegiatan yang mendukung PAAR.

“Karena ini lintas sektor saya minta semua harus berkolaborasi,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Mas Abu ini menjelaskan ada beberapa aspek yang harus dipenuhi. Pertama, input program, meliputi data awal, kebijakan dan dukungan yang ada untuk pelaksanaan program pemerintah daerah, TP PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat yang berjenjang.

Kedua, proses, meliputi pelaksanaan aspek-aspek kegiatan, inovasi atau terobosan dan kegiatan yang dilakukan. Ketiga, output, merupakan hasil yang dicapai dari masing-masing aspek kegiatan.

Sementara itu, Tim Penggerak PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar berharap agar penyusunan laporan ini berjalan dengan lancar dan dapat segera diselesaikan. Dalam laporan tersebut, membahas tentang pola asuh anak dan remaja.

Dimana OPD-OPD harus mengumpulkan data terkait kegiatan tersebut mulai dari dukungan kebijakan, sasaran, target dan capaian.

“Malam ini kita tidak banyak bicara tentang teknis lomba. Ini baru screening awal yaitu mengumpulkan laporan,” pungkasnya.

Dalam laporan tersebut nantinya terdapat 5 indikator. Yaitu, kegiatan pokok pengasuhan anak sejak dalam kandungan, pengasuhan anak usia dini (0-6 tahun), pengasuhan Anak Usia Sekolah (7-18 tahun), pola asuh anak usia remaja, dan pembinaan.

Dalam rapat koordinasi ini juga disampaikan jadwal persiapan lomba, sebagai berikut :
a. Pembentukan Tim dan Pembagian Tugas pada tanggal 24 Februari
b. Pengumpulan Data pada tanggal 25-27 Februari
c. Editing dan Pengolahan Data pada tanggal 27-28 Februari
d. Penyusunan Laporan pada tanggal 28 Februari-1 Maret
e. Penggandaan Laporan pada tanggal 2-3 Maret
f. Penandatanganan pada tanggal 3 Maret

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, Plt. Asisten Administrasi Umum Chevy Ning Suyudi, Kepala OPD terkait, dan jajaran TP PKK Kota Kediri. [nm/ted].





Apa Reaksi Anda?

Komentar