Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Ketua AKD Jombang Silaturahmi dengan Mantan Bupati Nyono Suharli

Ketua AKD Jombang H Warsubi (baju batik lengan panjang) saat silaturahmi dengan mantan Bupati Jombang Nyono Suharli (tengah)

Jombang (beritajatim.com) – Ketua AKD (Asosiasi Kepala Desa) Kabupaten Jombang H Warsubi bersilaturahmi ke rumah mantan Bupati Nyono Suharli Wihandoko di Desa Sepanyul Kecamatan Gudo, Rabu (10/8/2022) malam. Pertemuan itu berlangsung gayeng. Mengobrol soal-soal yang ringan. Tentang keluarga, seputar ekonomi, masalah pertanian, hingga mengenang masa lalu. Yakni, saat kedunya menjalin relasi bisnis.

Warsubi datang bersama keluarga. Istri, anak, menantu, serta cucu. Dia juga didamping sejumlah pengurus AKD Jombang. Nyono Suharli menyambut hangat kedatangan sahabatnya yang kini menjabat sebagai Kepala Desa (Kades) Mojokrapak, Kecamatan Tembelang tersebut. Keduanya berjabat tangan. Sangat erat. Lalu berangkulan untuk melepas rindu.

Pembicaraan ringan pun mengalir di pendapa rumah Nyono Suharli. Keduanya saling bertukar kabar. Menyakan kondisi masing-masing keluarga hingga membicarakan masalah ekonomi. “Kami lama tidak berjumpa. Silaturahmi ini ibarat reuni kecil. Ajang untuk kangen-kangenan,” kata Warsubi, Kamis (11/8/2022).


Warsubi menjelaskan, perkenalan dirinya dengan Nyono Suharli sudah berlangsung puluhan tahun. Mereka dipertemukan di lingkup bisnis. Saat itu sekitar tahun 1990-an. Warsubi melakoni usaha pupuk cair atau tetes. Sedangkan Nyono Suharli sudah menjabat sebagai Kades Sepanyul.

Selain Kades, sahabatnya itu juga menjadi bos tebu. Lahan pertaniannya sangat luas itu ditanami tebu. “Nah, beliau membeli tetes dari saya untuk pemupukan tebu. Dari situ terjalin persahabatan. Sampai seperti saudara. Saya sering makan di rumah Pak Nyono,” kata Warsubi.

Selain kolega bisnis, lanjut Warsubi, Bupati Jombang periode 2013-2018 itu juga sudah ia anggap sebagai mentor dalam hal pemerintahan desa. Itu karena Nyono Suharli pernah menjabat sebagai Kades Sepanyul selama dua periode atau sekitar 16 tahun. Bahkan Nyono juga menjabat sebagai Ketua AKD Jombang dalam jangka waktu yang lama.

“Artinya beliau ini senior saya di AKD. Dulu beliau Ketua AKD. Saya melanjutkannya di era sekarang. Semoga silaturahmi ini menjadi penyemangat tersendiri bagi beliau,” ujar Kades Mojokrapak Kecamatan Tembelang ini.

Nyono Suharli bebas menjalani hukuman dari Lapas Porong Sidoarjo pada Senin (8/8/2022). Kedatangannya disambut ratusan warga. Sejak itu, tamu yang datang ke rumahnya juga sili berganti. Termasuk Wabup Jombang Sumrambah juga datang di kediaman Nyono menyampaikan ucapan selamat datang. [suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar