Politik Pemerintahan

Jaga Imun di Era Covid-19, Pedagang Pasar di Kota Kediri Rutin Senam

Kediri (beritajatim.com) – Seluruh elemen Pasar Bandar Kota Kediri, mulai dari staf pasar, pedagang, satpam, bahkan pengunjung melakukan senam setiap pagi, sejak bulan Maret hingga kini. Sudah 4 bulan melakukan senam imun dan antusiasmenya tak surut.

“Awalnya digagas oleh petugas retribusi pelayanan pasar (karcis), Iswahyuni,” kata Koordinator Pasar Bandar kediri, Agus Setiyono Budi, Sabtu(20/6/2020). Iswahyuni setiap hari keliling ke pedagang dan melihat perlunya pedagang pasar untuk melakukan senam imun. Kebetulan, ia pernah menjadi instruktur senam.

Usul itu disampaikan kepada koordinator pasar dan disambut baik, kemudian direalisasikan. Menurut Agus, senam imun berlangsung sejak awal pandemik, bulan Maret 2020.

“Awal-awal adanya pandemi Covid-19, tanggal 11 maret, kami karyawan PD Pasar setiap hari berkampanye keliling pasar untuk mengimbau pedagang dan pengunjung untuk memakai masker,” terang Agus. Pada saat itu masih sedikit kesadaran pengunjung dan pedagang untuk memakai masker.

Selain itu, ia juga punya ide berjemur dan senam paru untuk meningkatkan imun para pedagang. Ide senam imun setelah melihat video dr. Adi Gunawan di Youtube. Senam itu bertujuan untuk memperlancar peredaran darah ke paru. Juga salah satu anjuran Pemkot Kediri untuk menerapkan protokol kesehatan di manapun berada.

Ternyata disambut positif oleh pedagang dan pengunjung pasar sampai sekarang. Kini senam imun diikuti sekitar 40-an orang, terdiri dari pedagang, pengunjung, satpam. Pelaksanaannya rutin mulai Senen hingga Sabtu pukul 9.45 WIB-10.00 WIB di pelataran parkir sebelah timur Pasar Bandar.

Pedagang yang tidak sempat datang ke pelataran parkir pun bisa senam di lapak masing-masing sambil mengawasi dagangannya. Sound system yang diputar bisa terdengar seantero pasar. Pedagang ternyata antusias mengikuti program ini.

“Agar badan sehat dan mencegah Corona,” kata Yit, pedagang sandal dan sepatu yang rutin mengikuti senam. Hal senada juga dikatakan oleh Ana, penjual daging sapi dan daging ayam di lantai 2. Ia menganggap bahwa senam imun bisa menambah kekebalan tubuh. [nm/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar