Politik Pemerintahan

Dihina Via Facebook, Anggota DPRD Magetan Lapor Polda Jatim

oko Suyono bersama Kuasa Hukum Yun Suryotomo saat hadiri konferensi pers terkait pelaporan akun facebook AS yang dianggap meresahkan karena dianggap sebarkan fitnah. (Foto: Doni Prasetyo for beritajatim.com)

Magetan (beritajatim.com) – Anggota DPRD Kabupaten Magetan Joko Suyono melaporkan akun facebook yang dianggap meresahkan ke Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur atas tuduhan pencemaran nama baik, perbuatan tidak menyenangkan, dan fitnah.

Dalam konferensi pers yang digelar di salah satu cafe di Magetan, Joko yang didampingi kuasa hukumnya, Yun Suryotomo dari kantor pengacara KNY Surabaya menerangkan bahwa dirinya pada 26 April lalu telah menyampaikan pengaduan atas akun AS kepada Disreskrim Polda Jatim.

“Apa yang ditulis akun tersebut mengenai saya adalah ujaran kebencian yang bermuatan fitnah. Kebenarannya sangat saya sangkal. Saya merasa dirugikan nama baik saya dan keluarga juga organisasi,” ujar Joko, Selasa (14/9/2021).

Meski begitu, dia menyebut kalau dirinya tidak antikritik. Namun karena ujaran terzebut dianggap merendahkan karena menyerang personal. Bukan memberikan kritik terhadap kinerjanya sebagai anggota dewan maupun anggota partai.

“Saya tidak anti kritik. Silakan kritik, masukan saya terima. Sampaikan dengan cara yang beradab. Apa yang disampaikan melalui akun AS bukanlah kritik, karena menyerang sisi personal saya yang mana itu semua adalah fitnah. Agar masyarakat Magetan mengetahui kebenarannya, maka saya tidak akan tinggal diam,” tambah Joko.

Sementara itu Yun Suryotomo selaku pengacara yang mendampingi kasus Joko menyampaikan bahwa pihak Polda sudah melakukan pengumpulan bahan bukti keterangan (pulbaket) dan memeriksa para saksi.

“Profiling terhadap akun tersebut telah dilakukan. Selanjutnya kepolisian akan meminta pendapat ahli IT, ahli bahasa, dan ahli pidana. Kami masih menunggu hasil pemeriksaannya ,” terang Yun.

Yun menerangkan kalau ujaran yang dimaksud yakni postingan akun berinisial AS itu dan berisikan ‘Joko Suyono Anggota dewan wes rupane gosong, ireng cocote sok kemersik,,, Helooo lek video kentumu nek hotel ro kancamu sesama….’

“Kami melaporkan kepada aparat kepolisian agar aparat mengungkap siapa sosok di balik akun tersebut. Kami percaya institusi kepolisian kita memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk sekedar mengungkap akun abal-abal begini,” pungkas Yun.

Akun facebook AS  kerap mengunggah postingan provokatif dengan bahasa kasar yang menyerang individu. Rata-rata yang kerap disebut adalah para pejabat dan tokoh publik di Magetan. (fiq/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar