Politik Pemerintahan

Bupati Lumajang Tanam Pohon Beringin Ikon Alun-alun Baru

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq kembali menanami pohon beringin baru di pusat Alun-alun kota. Dia berharap penanaman ini menjadi sejarah bagi Lumajang untuk mengembalikan tetengger lingkungan hidup, Jum’at (22/1/2021).

“Ini hari bersejarah,” ujar Cak Thoriq sapaan akrab orang nomer satu Lumajang.

Masih kata dia, dalam sejarahnya pohon beringin ditanam di tengah Alun-alun sebagai tempat bertenduh para pejabat sebelum menemui rajanya. Selain menjadi peneduh, juga merawat kesuburan alam perkotaan.

Pohon beringin Alun-alun Lumajang yang tumbang menjadi 3 diperkirakan berusia 500 tahun. Hal ini diduga penanaman dilakukan oleh Adipati Alap-alap dari kerajaan Mataram usai menaklukan kerajaan Lamajang.

“Beringin ini sumbangan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lumajang, Bunda Indah berharap ditanam kembali beringin baru bisa dirawat oleh masyarakat. Tidak ada lagi perusakan dengan menyentuh dan mengambil bagian ranting serta dedaunan.

“Beringin ini menemani pemerintahan Lumajang ratusan tahun, wajib melestarikan simbol lingkungan hidup ini,” tegasnya.

Prosesi penanaman berlangsung sederhana dihadapan para petugas Dinas Lingkungan Hidup. Hadir juga Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf Andi Wibowo dan Wakapolres,  Kompol Hendry. (har/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar