Peristiwa

Usir Corona, Warga Pawai Obor Baca Salawat Burdah Keliling Kampung

Warga berkeliling kampung membaca Salawat Burdah sambil membawa obor (foto : Temmy)

Sumenep (beritajatim.com) – Membaca salawat burdah, diyakini menjadi salah satu cara ampuh sesuai ajaran nabi, untuk mengusir wabah penyakit, termasuk Covid-19. Bahkan Bupati Sumenep, Ach. Fauzi pun secara khusus menerbitkan surat edaran (SE) agar umat muslim di Sumenep ramai-ramai membaca salawat burdah usai salat Maghrib, dan disiarkan dengan pengeras suara agar bisa diikuti umat muslim yang lain.

Beberapa warga memilih tidak hanya mengumandangkan salawat burdah di musala dan masjid, tetapi juga sambil berkeliling kampung membawa obor. Ritual itu diyakini mampu untuk mengusir corona. Kegiatan serentak warga itu tidak hanya dilakukan di desa-desa. Bahkan warga di wilayah perkotaan pun melakukan hal yang sama.

Salah satunya yang dilakukan warga Perumahan Griya Mitra Land dan Perumahan Graha Arya Wiraraja, serta beberapa warga kampung setempat di Dusun Manggaling, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep.

Kegiatan yang digagas Takmir Masjid Al Barokah ini diikuti puluhan warga. Mereka berbaris membawa obor berkeliling kampung dan perumahan yang letaknya bersebelahan. Tidak hanya kaum pria. Ibu-ibu pun tidak mau kalah, ikut dalam barisan pawai obor sambil membaca shalawat burdah.

“Kami melakukan ini sebagai upaya supaya virus corona tidak masuk ke kampung ini. Shalawat burdah ini untuk keselamatan kita semua, supaya terlindung dari wabah,” kata Ketua Takmir Masjid Al Barokah, Subaidi, Kamis (22/7/2021).

Ia menjelaskan, warga dan jemaah masjid secara rutin membaca shalawat burdah bersama-sama. Sedangkan kegiatan berkeliling membaca shalawat sambil membawa obor, dilakukan sebanyak 3 kali.

“Alhamdulillah, warga disini kompak mendukung pembacaan shalawat burdah. Kami semua berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” ujarnya. [tem/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar