Peristiwa

Terdengar Suara Letusan, Rumah Nakes di Mojokerto Ludes Terbakar

Petugas melakukan pemadaman kebakaran di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. [Foto: istimewa]

Mojokerto (beritajatim.com) – Sebuah rumah di Desa Pesanggrahan Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto diamuk si jago merah, Senin, (7/8/2020). Sebelum diketahui terbakar, terdengar suara benda meletus dari dalam rumah yang diduga dari changer Handphone (HP) milik korban, Aries Efendi (40).

Saksi mata, Mukhlas mengatakan, kejadian diduga berawal korsleting listrik sebelum akhirnya api dengan cepat mengamuk. “Yang terbakar bagian tengah terlebih dahulu, kemudian merambat ke bagian belakang rumah. Sekitar 2 jam, api baru bisa dipadamkan petugas,” ungkapnya.

Rumah tersebut milik Aries Efendi (40) yang merupakan salah satu tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit (RS) Sumber Glagah, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Bangunan dengan luas 19×6 meter tersebut ludes terbakar. Lima mobil pemadam kebakaran (PMK) diterjunkan ke lokasi kejadian.

Salah satu relawan yang terlibat dalam proses pemadaman, Arif menuturkan, petugas sempat kesulitan saat pemadaman, itu lantaran lokasi titik api berada di belakang rumah. “Kita tadi harus menaiki tangga dan naik di atas genting saat memadamkan api. Beruntung tidak ada orang tapi kalau kerugian saya tidak tahu pastinya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini mengatakan, kebakaran rumah di Desa Pesanggrahan tersebut terjadi diduga akibat korsleting dari HP pemilik rumah yang di-change. “Dugaan sementara korsleting listrik dari HP,” jelasnya.

Dari keterangan saksi mata, terdengar suara benda meletus kemudian timbul percikan-percikan api arus listrik. Setelah terjadi korsleting listrik, lanjut Zaini, percikan api tersebut kemudian membakar sebagai rumah. Karena kondisi cuaca yang mendukung, api dengan cepat menghanguskan bangunan dan isi rumah.

“Ada 5 mobil PMK yang kita terjunkan ke lokasi, sekitar 2 jam api baru berhasil dijinakkan. Perabotan rumah, satu sepeda motor, kulkas, TV, sound system, alat olahraga, laptop dan barang eletronik lainnya ludes terbakar. Belum diketahui kerugian yang dialami korban,” ujarnya. [tin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar