Peristiwa

Sempat Surut, Banjir di Jombang Naik Lagi

Warga Dusun Kalipuro, Desa Bandar Kedungmulyo menerabas banjir, Rabu (10/2/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Banjir di sejumlah dusun di Kecamatan Bandar Kedungmulyo sempat surut. Namun hal itu tidak berlangsung lama. Karena saat ini debit air yang merendam pemukiman naik lagi. Sejumlah dusun itu diantaranya, Dusun Bandar, Dusun Kedunggabus, Dusun Kalipuro (Desa Bandar Kedungmulyo).

Di tiga dusun tersebut ketinggian air bervariasi, antara 60 hingga 120 centimeter. Hal yang sama juga terjadi di Dusun Proko dan Dusun Brangkal (Desa Brangkal). Ketinggian air di dua dusun itu 40 centimeter. Kemudian di Dusun Suwalo, Desa Pucangsimo. Air yang awalnya surut hingga mata kaki, kini naik naik lagi setinggi lutut.

Yuliati (65), warga Dusun Kedunggabus mengatakan, pada Selasa (9/2/2021) dirinya meninggalkan pengungsian. Nenek ini kemudian bersih-bersih rumah. Karena lumpur bekas banjir memenuhi lantai rumahnya. Namun ironis, setelah pekerjaan beres, banjir datang lagi.

“Tadi sudah surut. Makanya saya kembali ke rumah untuk bersih-bersih. Termyata beberapa saat kemudian banjir datang lagi. Akhirnya saya kembali mengungsi lagi,” kata Yuliati yang mengungsi di SDN Bandar Kedungmulyo, Kamis (11/2/2021).

Camat Bandar Kedungmulyo Mahmudi membenarkan bahwasanya air yang sudah surut kini datang lagi. Menurut Mahmudi, naiknya debit air tersebut bukan karena adanya tanggul jebol lagi. Tapi karena gelontoran air dari hulu yang meningkat.

“Kenaikan air bervariasi. Pagi ini ketinggian air meningkat di beberapa dusun. Semisal di Dusun Kedunggabus, Kalipuro, Proko, serta beberapa dusun lainnya,” kata Camat Bandar Kedungmulyo. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar