Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Elpiji Bocor

Masak Bersama Acara Agustusan, Rumah di Jombang Terbakar, 1 Orang Terluka

Rumah milik M Yahya warga Desa Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung Jombang yang terbakar pada Minggu malam (21/8/2022)

Jombang (beritajatim.com) – Rumah milik M Yahya (45) warga Dusun Binorong Desa Kedunglumpang Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang ludes terbakar, Minggu malam (21/8/2022). Dugaan sementara, api muncul dari tabung elpiji yang bocor. Api kemudian menjalar ke seisi rumah. Bagian atap yang paling parah.

Selain meludeskan rumah, kebakaran tersebut juga menyebabkan satu orang mengalami luka bakar. Korban bernama Sokip (37), saudara pemilik rumah. “Kerugian materiil ditaksir mencapai Rp55 juta. Atap rumah habis. Barang elektronik bisa diselamatkan,” kata Kades (Kepala Desa) Kedunglumpang Juprianto.

Juprianto menjelaskan, kebakaran itu bermula ketika keluarga Yahya hendak melakukan tasyakuran Kemerdekaan ke-77 RI. Acaranya mengundang warga untuk makan bersama. Untuk itu, ada kesibukan di rumah tersebut. Sebanyak delapan ibu-ibu warga sekitar ikut membantu memasak.

Sekitar pukul 20.00 WIB muncul masalah. Tabung elpiji yang digunakan untuk memasak macet. Seorang ibu berusaha membetulkan elpiji yang rusak itu. Tabung ukuran 3 kilogram diketok-ketok. Tabung justru jatuh dan regulatornya terlepas. Sejurus kemudian api menyambar. Karena tabung tersebut berada di dekat kompor lain yang sedang dipakai untuk memasak.

Kompor dan tabung elpiji yang diamankan polisi

Ibu-ibu yang berada di dapur itu bungung. Mereka berteriak minta tolong. Warga pun berdatangan. Namun kuatnya hembusaan angin membuat api cepat menyebar. Bahk si jago merah naik ke atap. Membakar kayu atap rumah dengan liar. Warga yang datang ke lokasi memngelurkan peralatan elektronik milik tuan rumah untuk diselamatkan.

Warga yang melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya kalah cepat dengan sebaran api. Hingga akhirnya perangkat desa menghubungi Polsek Mojoagung dan petugas PMK (pemadam kebakaran). Sekitar 1,5 jam kemudian si jago merah berhasil dipadamkan. “Api padam pada pukul 21.30 WIB,” ujar Kepala PMK Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang Syamsul Bahri. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar