Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Lereng Bromo Diguyur Hujan Deras, 2 Desa di Probolinggo Terendam Banjir

2 Desa di Kecamatan Dringgu Kabupaten Probolinggo terendam banjir

Probolinggo (beritajatim.com) – Dua desa di Kabupaten Probolinggo terendam banjir, hal itu disebabkan karena sungai Gedunggaleng Kecamatan Dringu tak kuat menampung debit air dari kawasan lereng Gunung Bromo yang diguyur hujan selama kurang lebih tiga jam.

Dua desa tersebut yakni Desa Kedungdalem dan Desa Dringu, Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo, Rabu (1/12/2022) petang.

Dari informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, air masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 18.45. WIB. Warga panik dan mulai menyelamatkan barang-barang berharganya untuk dipindahkan ke tempat yang lebih aman dari luapan air sungai Kedunggaleng itu.

Sementara ketinggian air di dusun Srinem dan dusun Loan desa Kedungdalem, mencapai 20 Centimeter. Sedangkan di dusun Gandean desa Diringu mencapai setinggi pinggang orang dewasa.

Budiono salah satu warga Dringu menjelaskan, luapan air sungai ini akibat jebolnya tanggul penahan air sungai. “Tanggulnya jebol pak,” katanya.

Namun saat ini air sudah mulai surut, dan warga berharap tidak ada banjir susulan, untuk itu meminta agar pemerintah bisa segera memperbaiki tanggul penahan air yang berada di kawasan sungai tersebut.

Selain warga, terlihat ada dari TNI-POLRI serta BPBD dan Tagana Kabupaten Probolinggo dibantu Pramuka juga ikut turun ke lokasi banjir. (tr/ted)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan