Peristiwa

Ini Pesan Wagub Jatim Emil Dardak untuk Korban Gempa di Malang

Malang (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, meninjau ratusan pengungsi di Desa Sumbertangkil, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Rabu (14/4/2021) petang. Kedatangan Emil Dardak didampingi Bupati Malang HM Sanusi, Dandim 0818 Letkol Yusub Dody Sandra dan Kapolres Malang AKBP Hendri Umar.

Ikut bersama rombongan Wagub Jatim yakni Ketua PKK Jawa Timur Arumi Bachsin. Dalam tinjauannya, Emil berinteraksi langsung dengan warga terdampak bencana. Emil juga mengungkapkan rasa turut prihatin dan duka cita atas musibah Gempa yang mengakibatkan sejumlah bangunan rumah rusak dan korban jiwa.

Emil juga sempatkan berbuka puasa bersama dengan korban Gempa. Dalam tinjauannya itu, Pemprov Jatim juga memberikan bantuan berupa logistik dan terpal. “Saya hadir kesini karena ibu Gubernur sudah ke kali Uling, Lumajang, dan di sini Ampelgading. Kita Dengar juga ada lagi yang meninggal tapi bukan di Ampelgading tapi di sini, di Tirtoyudo. Jadi 4 orang yang meninggal,” terang Emil Dardak, Rabu (14/4/2021) malam.

Emil menegaskan, pihak Pemprov akan memberikan bantuan logistik bagi korban bencana. Sejumlah langkah temporer tengah diberlakukan agar warga dapat segera tertangani dengan baik.

“Kami dari Provinsi juga akan ikut membantu dalam bidang logistik untuk korban bencana. Kami benar benar bagi peran bersama. Bantuan uang sewa bagi ibu sudah kita sampaikan ke publik. Inilah yang tadi kita matangkan,” kata Emil.

“Dari pusat rencananya dana siap pakai untuk rehab renovasi. Tapi seperti apa dan berapa lama, apa syaratnya harus clear. Kemudian beliau melakukan sejumlah langkah temporer agar warga dapat tertangani dengan baik,” sabungnya.

Sementara itu, Bupati Malang HM Sanusi menambahkan, Pemkab Malang akan memberikan fasilitas rumah semi permanen untuk mengatasi tempat tinggal sementara bagi warga. Bentuknya adalah rumah kleningan yang bisa ditempati hingga 5 tahun mendatang.

“Untuk mengatasi tempat tinggal sementara, kita sepakat akan bangun rumah semi permanen, istilahnya rumah kleningan. Dengan kalsiboard, dan batu bata 1 meter. Ukuran 8×6 meter dengan 2 kamar tidur , ruang tamu, sanitasi, dan dapur. Bisa ditempati hingga 3 sampai 5 tahun mendatang,” Sanusi mengakhiri. [yog/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar