Peristiwa

BMKG: Sebaran Abu Vulkanik Raung Sempat Sampai Bali

Anjar Triono Hadi Prakirawan BMKG Banyuwangi.

Banyuwangi (beritajatim.com) – Aktivitas hembusan asap vulkanik Gunung Raung semakin tinggi. Terakhir, asap berupa abu vulkanik kelabu yang keluar dari kaldera Gunung Raung mencapai 1000 meter.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 3 Banyuwangi mendeteksi adanya sebaran abu yang mengarah ke timur. Daerah yang diperkirakan terdampak sebaran abu ini berada di wilayah yang dilalui abu vulkanik.

“Sebaran abu Gunung Raung dari kami (BMKG) itu terpantau tanggal 3 Februari 2021 sekitar pukul 7.30 WIB dengan ketinggian 10 Ribu Feet sampai 24 ribu feet,” kata Prakirawan BMKG Banyuwangi, Anjar Triono Hadi, Rabu (3/2/2021).

Anjar menyebut, sebaran abu ini diprediksi akan terus terjadi hingga malam hari. “Abu mengarah ke timur dengan kecepatan 25 Knot,” jelasnya.

BMKG mengimbau agar masyarakat tetep menjaga kesehatan terutama dari sebaran abu vulkanik. “Warga agar tetap waspada dan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” ungkapnya.

Dari pantauan satelit, sebaran abu vulkanik Gunung Raung mengarah ke sisi timur. Pada pagi hari, berdasarkan pantauan satelit sebaran abu tampak berada di atas kota Banyuwangi hingga sebagian wilayah di Provinsi Bali bagian barat. Namun, pada sore hari sebarannya menyempit hanya di sekitar Banyuwangi. [rin/but]

 



Apa Reaksi Anda?

Komentar