Iklan Banner Sukun
Peristiwa

Banjir Rob Terjang Kawasan Pesisir Tuban, Rumah Warga Tergenang

Kondisi kawasan pemukiman warga di Desa Sugihwaras, Kec Jenu, Tuban yang tergenang air akibat banjir Rob.[foto: M Muthohar/beritajatim.com]

Tuban (beritajatim.com) – Sejumlah desa yang ada di wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Tuban diterjang banjir rob, Senin (22/5/2022). Itu setelah gelombang besar dari air laut yang pasang menerjang wilayah pesisir tersebut.

Gelombang besar itu sempat membuat warga yang tinggal di kawasan pantai Tuban panik. Pasalnya, gelombang besar itu menghantam rumah-rumah warga. Informasi yang dihimpun beritajatim.com, cuaca buruk di wilayah pesisir Tuban itu sudah terjadi sejak tiga hari terakhir. Gempuran gelombang selalu tinggi pada siang hari dan anginnya juga kencang.

“Sudah beberapa hari ini gelombangnya besar. Tapi yang paling besar ya hari ini,” terang Edy (30), warga yang tinggal di kawasan pesisir Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Gelombang tinggi dari air laut utara itu langsung menghantam tanggul penahan yang ada di tepi pantai tersebut. Namun, karena gelombang yang sangat besar membuat air dari laut itu melompat hingga melewati tanggul penahan dan masuk ke rumah-rumah warga yang ada di kawasan tersebut. “Ombaknya tinggi sekali, sampai melewati tanggul penahan.  Kemudian airnya masuk ke rumah warga,” sambungnya.

Kondisi kawasan pemukiman warga di Desa Sugihwaras, Kec Jenu, Tuban yang tergenang air akibat banjir Rob.[foto: M Muthohar/beritajatim.com]
Terdapat puluhan rumah warga yang berjejer di pesisir Pantura Tuban itu yang terendam banjir air laut. “Tadi ya kaget, tiba-tiba airnya sudah masuk rumah. Kalau ketinggian air sekitar setengah meter di dalam rumah, untungnya barang elektronik sudah berhasil saya selamatkan,” kata Rebi (60), perempuan tua warga Desa Sugihwaras.

Selain di Desa Sugihwaras, gelombang besar juga menerjang kawasan pesisir di wilayah Kecamatan Tuban, Kecamatan Palang dan juga Kecamatan Tambakboyo. Akibat, rumah-rumah warga digenangi air laut. Bahkan beberapa rumah mengalami kerusakan. [mut/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar