Peristiwa

2021, Ekskavasi Situs Kumitir di Mojokerto 2 Kali

Tim Arkeolog BPCB Jawa Timur ekskavasi Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Mojokerto (beritajatim.com) – Ekskavasi Situs Kumitir di Dusun Bendo, Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto di tahun 2021 direncanakan akan berlangsung dua kali. Dengan melibatkan tim internal Balai Pelestarian Peninggalan Budaya (BPCB) Jawa Timur, ekskavasi dilakukan di bulan Maret dan Juli mendatang.

Arkeolog BPCB Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, ekskavasi Situs Kumitir tahun 2021 ada dua kali yakni Maret dan Juni. “Pra ekskavasi mulai tanggal 23 sampai dengan 27 Februari 2021. Ekskavasi sendiri kita mulai tanggal 1 sampai tanggal 30 Maret dan nanti di bulan Juli dengan anggaran dari provinsi,” ungkapnya, Selasa (16/3/2021).

Masih kata Wicak (sapaan akrab, red), di bulan Maret 2021 karena masih dalam situasi pandemi Covid-19 sehingga ekskavasi hanya melibatkan internal dari BPCB Jawa Timur. Yakni sebanyak 90 orang yang terdiri dari tenaga penggali dan tenaga teknis. Ekskavasi tersebut dilakukan untuk melanjutkan hasil ekskavasi tahun 2020.

“Dimana hasil dari tahun 2020, kita mendapati adanya bangunan dinding keliling seluas kurang lebih 6 hektar dengan panjang kita sudah ketahui 316 meter dari timur ke barat dan lebar dari utara ke selatan kita duga masih berukuran 250 meter. Kita masih terus mencari ujung dari sisi tenggara dan barat daya yang tahun kemarin belum diketemukan,” katanya.

Target tahun 2021 mencari kepastian lebar struktur keliling di sisi utara selatan. Di sudut tenggara terlihat adanya kerusakan dari dinding tapi masih menemukan dilapis ke-24 adanya struktur bata yang masih tersisa yang mengarah ke selatan. Untuk di sektor ABC diduga merupakan bangunan pemukiman yang cukup besar dengan ukuran 20 meter x 26 meter. [tin/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar