Pendidikan & Kesehatan

Rumkital Dr Ramelan Akan Jadi RSPAL

Dari kiri ke kanan, dr Ahmad Samsulhadi, Laksamana Muda I Nyoman Mandra, dan Kolonel Laut (K) dr Radito Sp THT

Surabaya (beritajatim.com) – Rumkital Dr. Ramelan Angkatan Laut atau yang biasa dikenal dengan RSAL hari ini menggelar serah terima jabatan (sertijab) Kepala Rumah Sakit (Karumkit) yang dipimpin oleh Aspers Kasal Laksamana Muda I Nyoman Mandra M.Sc SHRMP sebagai inspektur upacara, Jumat (13/12/2019).

Sertijab dilakukan dari pejabat lama, Laksamana TNI dr Ahmad Samsulhadi kepada penggantinya Kolonel Laut (K) dr Radito Sp THT, Sp KL. Laksamana Muda I Nyoman Mandra menegaskan, selain mengucapkan terimakasih kepada pejabat lama yang telah mendedikasikan tugasnya dengan baik.

Dalam sertijab itu juga RSAL akan berubah nama menjadi Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut (RSPAL) yang telah ditetapkan oleh Presiden RI sejak 2019. Sesuai visi menjadi rumah sakit terkemuka bagi TNI dan masyarakat yang mampu memberikan dukungan kesehatn, pelayanan kesehatan, pendidikan dan penelitian yang bermutu, hal ini menunjukkan bahwa RSPAL Dr. Ramelan tidak hanya melayani anggota TNI dan keluarganya saja namun RSPAL Dr. Ramelan ikut melayani dan peduli terhadap kesehatan bagi masyarakat umum.

“Rumkital Dr Ramelan adalah rumah sakit tingkat satu, merupakan rumah sakit rujukan TNI di Wilayah Timur, anggota keluarganya dan juga masyarakat. Rumah sakit ini telah ditetapkan oleh Presiden RI sebagai RSPAL, Rumah Sakit Pusat Angkatan Laut, pada tahun 2019 ini,” terang Laksamana Muda I Nyoman Mandra.

Selama dipimpin oleh Laksamana Pertama TNI dr Ahmad Samsulhadi, sejak Januari 2019 lalu, banyak perubahan positif dan kemajuan yang dicapai. Selain pembangunan fasilitas yang terus dilakukan diantaranya pengembangan Poliklinik Rawat Jalan dan pelayanan Hemodialisa.

Selain itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mempercayakan RSAL sebagai inisiator Go Green Hospital untuk seluruh rumah sakit di Jatim, dan dipadu dengan penanaman pohon.

“Kedepan, kita harapkan rumah sakit ini tidak lagi bergantung pada APBN. Menjadi rumah sakit mandiri, karena telah mampu mengelola sendiri,” pungkas Laksamana Muda I Nyoman Mandra.

Ini pesan Laksamana Muda I Nyoman Mandra untuk terus memajukan rumah sakit bergengsi itu, pertama tingkatkan kinerja organisasi melalui peningkatan motivasi dan etos kerja para anggota. Kedua, tajamkan peran jajaran beserta staf masing-masing sebagai sumber pemikiran konseptual dibidangnya dikaitkan dengan aspek pembinaan TNI AL secara makro.

Ketiga, mantapkan koordinasi dan kerjasama lintas fungsi termasuk berbagai instansi diluar TNI AL dalam upaya mendapatkan data dan informasi aktual tentang perkembangan lingkungan sebagai bahan penajaman kualitas pemikiran. Keempat, tingkatkan dan berikan yang terbaik dalam hal kemampuan dukungan dan pelayanan kesehatan kepada anggota TNI AL, beserta keluarganya. Kelima, ciptakan selalu suasana kebersamaan dan kekeluargaan yang akrab agar tercipta hubungan kerja yang harmonis dan sinergis.

Kemudian, Kepala Humas RSPAL Dr Ramelan, Mayor Laut drg Adiah Ismulyanti kepada wartawan menambahkan, bahwa sesuai biodata pribadinya, dr Ahmad Samsulhadi berlatar belakang pendidikan SepaWamil tahun 1992. Sebelumnya pernah menjabat Sekdis Diskesal Mabes AL kurang lebih dua setengah tahun, sejak 25 April 2017.

“Beliau (Laksamana TNI dr Ahmad Samsulhadi) juga pernah menjabat sebagai Karumkital Dr Mintoharjo, pada tahun 2015,” kata Kepala Humas RSPAL Dr Ramelan, Mayor Laut drg Adiah Ismulyanti.

Sementara, Laksma dr Ahmad Samsulhadi mendapat tugas baru sebagai Kadis Kesal Mabesal di Jakarta. [adg/but]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar