Pendidikan & Kesehatan

Masih Pandemi, Ujian Nasional SMA di Ponorogo Ganti dengan USP

Kasi SMA/SMK Cabdindik Jatim Wilayah Ponorogo Eko Budi Santoso(foto/dok.beritajam)

Ponorogo (beritajatim.com) – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah resmi menghapus ujian nasional (UN) untuk tingkat SMA pada tahun ajaran 2020/2021.

Sebagai gantinya, untuk menentukan kelulusan akan ada kegiatan ujian satuan pendidikan (USP). Hal tersebut sesuai petunjuk kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan surat edaran (SE) Mendikbud nomor 1 tahun ajaran 2020/2021 bahwa ujian nasional dihapus.

“Tahun ajaran 2020/2021 untuk tingkat SMA ujian nasional dihapus. Penghapusan UN ini juga karena tahun ini masih pandemi corona,” kata Kasie SMA Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Ponorogo Eko Budi Santoso, Rabu (24/02/2021).

Eko menyebut bahwa kegiatan USP nantinya diserahkan kepada masing-masing satuan pendidikan. Dan itu juga sebagai salah satu dasar kelulusan untuk anak-anak kelas 12.

“USP diselenggarakan oleh masing-masing sekolah. Maka kelulusan siswa ya sepenuhnya ditangan sekolah itu sendiri,” ungkap Eko.

Rencananya, USP dilaksanakan pada tanggal 1 sampai 19 Maret untuk semua mata pelajaran. USP yang dimaksud, juga bisa berupa portofolio evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap atau perilaku dan prestasi. Atau penugasan, tes, serta bentuk kegiatan penilaian lainnya yang ditentukan satuan pendidikan.

“Untuk USP dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi sekolah. Bisa dilakukan secara dalam jaringan (daring) atau luar jaringan (luring),” katanya.

Artinya menyesuaikan kondisi pandemi di wilayah sekolah  tersebut. Jika memang pandemi Covid-19 belum mereda dan masih dalam masa PPKM, maka USP dilakukan secara daring.

“Begitupun sebaliknya, jika sudah menurun dan mendapatkan izin dari Satgas Penanganan Covid-19 setempat, USP bisa dilakukan secara luring,” pungkasnya. (end/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar