Iklan Banner Sukun
Hukum & Kriminal

Bawa Golok dari Rumah

Polisi Tangkap Tersangka Pembacokan di Tambakasri Surabaya

Tersangka saat dirilis pihak kepolisian

Surabaya (beritajatim.com) – Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menangkap FS (19) warga jalan Genting Kalianak. Dia adalah remaja yang ikut tawuran di Jalan Raya Tambakasri dan membacok satu pemuda dari kubu lawan, Minggu (03/04/2022). Dari pengakuannya, tersangka sengaja membawa golok sepanjang 35 cm dari rumahnya.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Anton Elfrino menjelaskan, kejadian itu bermula ketika kelompok tersangka kalah tawuran dengan lawannya. Tak terima, kelompok tersangka langsung melakukan pembalasan.
“Grup tersangka itu tidak terima grupnya kalah tawuran. Kemudian, pelaku terlibat tawuran dan saling menyerang,” kata Anton, Selasa (5/4/2022).

Tak berselang lama, korban secara tiba-tiba berada di depan tersangka. Melihat celah, pelaku langsung mengeluarkan golok panjangnya dan menebaskan sekali ke arah tangan korban. “Saat pelaku berhadapan dengan korban, pelaku mengeluarkan golok sepanjang 35 centimeter, lalu disabetkan sekali ke tangan kanan korban,” jelasnya.

Usai tawuran berlangsung, FS mendapatkan kabar ada satu pemuda yang terkena tebasannya. Ia pun panik dan sembunyi di Jalan Kalianak sebelum menuju Sepanjang, Sidoarjo. “Setelah kejadian itu saya kabur ke daerah Sidoarjo, di rumah ibu tiri. Saya ngumpet (sembunyi),” jelasnya.

Ketika ditanya mengenai motif, FS mengungkapkan bahwa dirinya tidak mengenal korban. Aksi tersebut dilakukan secara spontan dan emosi kepada kelompok lawan. “Saya sama korban tidak kenal, aksi itu spontan saya lakukan karena emosi. Tidak, saya nggak mabuk Pak. Saya sadar,” ucapnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 351 ayat (2) dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. Dan Pasal 80 UU 35 tahun 2014, tentang perlindungan anak dengan ancaman pidana 3 tahun 6 bulan. [ang/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar