Hukum & Kriminal

Pencuri yang Ditembak Polda Jatim Pernah Bacok Tentara Sampai Meninggal Dunia

Surabaya (beritajatim.com) – Dua orang yang dilumpuhkan tim khusus Merah Putih dengan timah panas, yaknu Heru Kustiawan alias HK (25) dan Sambul Huda alias Sam (20) pernah membacok anggota TNI AD bernama Bambang Irawan yang bertugas di Kodim 0820 Probolinggo.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudho Wisnu Andiko menyatakan, aksi kedua pelaku dilakukan lantaran korban mengetahui tersangka melakukan pencurian dan korban mencoba melakukan penangkapan. Namun tersangka melakukan perlawanan dengan cara membacok lengan kanan hingga putus dan korban meninggal dunia.

“Sementara tersangka SAM berperan sebagai joki atau pengemudi yang mengantarkan tersangka HK dalam aksi pembacokan terhadap Anggota TNI AD tersebut,” ujar Trunoyudho, Senin (22/6/2020).

Selain itu tersangka juga melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan satu unit sepeda motor di TKP Desa Jumputrejo Kec. Sukodono Kab. Sidoarjo. Tersangka melempar bondet I mercon ke arah warga yang mengejar.

Tersangka SAM juga terlibat tindak pidana pengerusakan di TKP Kecamatan Nguling Kota Pasuruan dengan melempar bondet I mercon sebanyak 3 kali di rumah korban. Tersangka SAM berkasi selama 10 kali, diantaranya 11 Juni 2020, Alamat Puskesmas Wonorejo Dsn. Wonosari Ds. Wonosari Kec. Wonorejo Kab. Pasuruan dan 6 Juni 2020 Alamat Dsn. Kauman Rt. 01 Rw. 04 BS. Wonorejo Kec. Wonorejo Kab. Pasuruan.

Kronologi penangkapan berawal dari keterangan Tersangka Sugianto dan Tersangka Adi Kusworo saat dilakukan penyidikan didapat informasi bahwa melakukan tindak pidana pencurian dengan tersangka HK dan SAM.

Anggota Unit 3 Subdit 3 Jatanras melakukan penyelidikan terhadap tersangka dan mendapatkan informasi masyarakat tentang keberadaan tersangka pelaku curanmor yang sudah menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang) berinisial HK dan SAM.

Pada 19 Juni 2020 sekira pukul 04.30 WIB, anggota Unit 3 Curanmor Subdit 3 Jatanras Ditresrimum Polda Jatim melakukan penangkapan terhadap tersangka HK, ini pelaku Pencurian dengan Kekerasan (CURAS) mencuri R4 spesialis Truck dan Pick Up dan curas curanmor R2 yang dikenal Kejam atau sadis terhadap Korban.

“Petugas lalu melakukan penangkapan tersangka HK di rumahnya di Dsn. Batuan Ds. Batuan Kec. Nguling Kab. Pada saat dilakukan penggrebekan di rumah tersebut tidak ditemukan tersangka HK, selanjutnya mempertanyakan kepada istrinya yang saat itu berada di rumah tersebut dan dijawab sudah satu bulan keluar pulau di Kalimantan,” ujarnya.

Sebagian anggota melakukan penggeledahan di dalam rumah. Lorong samping rumah telah ditemukan sebuah tas yang berisikan 4 buah mercon/bondet, kunci T dan mata kunci. [uci/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar