Hukum & Kriminal

File PDF Data Pasien Positif Covid-19 Surabaya di Whatsapp Adalah Hoax

Surabaya (beritajatim.com) – File PDF berisi data informasi pasien positif Covid 19 disertai 83 identitas lengkap warga Surabaya yang beredar di media Whatsapp, adalah hoax alias bohong. Apalagi selain berisi identitas lengkap, dalam file yang mencatut nama Polrestabes Surabaya itu, juga terdapat link titik lokasi tempat tinggal pasien berikut tempat ia dirawat.

Untuk itu, Polrestabes Surabaya akan melacak dan memburu penyebar kabar bohong tersebut. “Informasi yang ada di dalamnya tidak benar sama sekali. Itu dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi sudah pasti itu hoax dan jangan disebarkan, bisa bikin kisruh dan membuat gelisah. Nanti akan kami lacak dan dalami. Kami bekerja sama dengan satreskrim karena memang itu sudah masuk ranah pidana,” kata Kasat Intel Polrestabes Surabaya, AKBP Whimboko, Kamis (16/4/2020).

Sebelumnya, lanjut Whimboko, Polrestabes Surabaya melalui media sosial telah menginformasikan jika kabar tersebut adalah hoax. “Itu hoax dan sudah beredar sejak kemarin. Kami juga sudah melakukan klarifikasi melalui media sosial resmi Polrestabes Surabaya. Jadi masyarakat diharapkan untuk pro aktif menekan penyebaran hoax. Jika belum benar jangan sampai menyebarkan informasi tersebut,” lanjutnya.

Dijelaskan Whimboko, dalam data tersebut informasi itu tidak tertera tanggal dan tandatangan serta stempel Polrestabes Surabaya sehingga sudah jelas jika informasi itu adalah hoax yang dibuat orang tidak bertanggungjawab.

Untuk itu, perwira dua melati di pundak itu mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya kepada berita yang meresahkan di tengah wabah Covid 19 ini. “Jangan mudah percaya. Saring sebelum sharing. Cari informasi di platform informasi yang sudah dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tandas Whimboko.(man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar