Hukum & Kriminal

Tak Kenakan Masker

Disanksi Menyanyi Indonesia Raya dan Menghafal Pancasila

Sumenep (beritajatim.com) – Tim gabungan yang terdiri dari Pemkab dan Polres Sumenep, menggelar Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan pada Senin (14/9/2020).

Operasi dilakukan sesuai Inpres no 6 tahun 2020, yakni menjaring pengguna jalan yang tidak mematuhi protokol kesehatan, yakni tidak mengenakan masker. Operasi gabungan itu digelar di sekitar Jl. Dr Soetomo, atau sebelah timur alun-alun Kota Sumenep.

“Sosialisasi tentang Inpres no 6 tahun 2020 ini sudah kami lakukan. Tahapan berikutnya adalah menggelar Operasi Yustisi dan memberikan sanksi bagi masyarakat yang keluar rumah tanpa mengenakan masker,” kata Kasubag Humas Polres Sumenep AKP Widiarti.

Dalam operasi tersebut, cukup banyak masyarakat yang terjaring, karena melintas tanpa mengenakan masker. Mereka yang terjaring untuk sementara diberi surat teguran dan dijatuhi sanksi sosial.

“Sanksi sosialnya sementara ini ada tiga macam. Ada yang disuruh push up, ada yang disuruh menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan ada juga yang disuruh melafalkan 5 sila Pancasila. Setelah itu, baru mereka kami beri masker gratis,” papar Widiarti.

Operasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya, wajib mengenakan masker. “Operasi Yustisi ini akan terus kami lakukan, sampai masyarakat benar-benar menyadari pentingnya mengenakan masker demi mencegah penyebaran Covid-19,” ucapnya. [tem/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar