Gaya Hidup

Sawah Ini Jadi Spot Foto Kekinian di Banyuwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyak tempat di Banyuwangi yang menyajikan keindahan. Meskipun di lahan persawahan sekalipun. Tempat yang awalnya ‘ndeso’ bisa melejit dan menjadi destinasi yang didatangi wisatawan.

Ide kreatif disupport dengan teknik foto yang mumpuni juga menjadi salah satu pemicunya. Ditambah peran generasi milenial memang dikenal kreatif. Mereka mampu mengubah dan menggali potensi tempat yang indah untuk dijadikan spot foto instagenic.

Salah satunya di Dukuh Mangaran, Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo. Tempat ini hanya berjarak 40 menit jika ditempuh dengan berkendara mobil dari pusat kota Banyuwangi. Memasuki desa ini, disuguhi hamparan sawah luas nan hijau. pemandangan sawah berlatar belakang Gunung Baluran mendadak menjadi spot foto bagi para milenial.

Hamparan sawah seluas 75 hektar ini adalah milik dua kelompok tani. Saelan, salah pemilik sawah mengatakan dirinya merasa surprise saat sawahnya mendadak dikunjungi banyak anak muda selama satu bulan terakhir.

“Dari depan jalan utama, banyak sekali yang nanya mana sawah-sawah yang ada gubug kayunya. Hampir setiap hari ada saja yang nanya,” ujarnya, Sabtu (23/1/2021).

Salah satu ikonik dari spot ini adalah gubug kayu yang berada di tengah hamparan sawah. “Ini sebenarnya adalah tempat persinggahan petani kalau sedang istirahat, mau salat, atau makan. Tapi sekarang gubug itu ramai dicari untuk dijadikan latar belakang foto,” ujarnya sumringah.

Saat ini, kata Saelan, mulai ada permintaan dari sejumlah orang untuk melakukan sesi foto prewedding di lokasi tersebut. Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengunjungi kawasan mengaku bangga dengan tumbuhnya spot destinasi baru di daerahnya.

“Semoga ini menambah manfaat bagi petani. Ini menunjukkan bahwa pariwisata bisa dibangun tanpa kita harus merusak alam. Keasrian alam adalah modal pariwisata Banyuwangi,” kata Anas didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MY Bramuda. [rin/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar