Ekbis

Efisiensi Imbas PPKM, Jatim Park Kurangi Karyawan

Pengunjung di Jatim Park 2 Kota Batu.

Malang (beritajatim.com) – Jatim Park Grup mengklaim terdampak dari Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berjalan sejak 11 Januari hingga 25 Januari mendatang. Jumlah kunjungan menurun drastis, selama PPKM.

Manager Marketing dan Public Relations Jatim Park Group, Titik Ariyanto mengatakan, langkah efisiensi yang mereka lakukan adalah mengurangi jumlah pegawai sekira 400 an orang dari total 2.500 pegawai. Mereka yang di rumahkan rata-rata kontrak kerjanya habis di awal-awal pandemi Covid-19.

“Ada pengurangan karyawan. Jadi mereka yang kontraknya habis di bulan-bulan pandemi itu kami selesaikan (tidak diperpanjang). Jadi sekitar 400 orang karyawan,” ujar Titik, Minggu (17/1/2021).

Titik mengatakan, keputusan pahit harus diambil Jatim Park Grup karena tingkat kunjungan yang terus menurun. Lesunya sektor pariwisata selama Pandemi Covid-19 membuat mereka tidak bisa untuk menutupi beban operasional. Bahkan mereka pernah mencatat jumlah kunjungan terburuk yakni dua hari hanya delapan pengunjung yang masuk.

“Tingkat kunjungan memang terjun bebas. Bahkan pernah dua hari hanya ada delapan pengunjung yang masuk. Kalau begini mau bayar gaji karyawan dan bayar listrik dari mana,” ujar Titik.

Titik mengatakan, pengurangan karyawan adalah langkah rasional. Bahkan, mereka juga memotong gaji karyawan sebesar 50 persen. Mereka bahkan sedang berusaha meminta keringanan pajak dari Pemerintah Kota (Pemkot) Batu.

“Memang yang paling rasional itu pengurangan karyawan. Gajipun kami bayarkan sebesar 50 persen saja. Kami sedang pengajuan juga untuk yang pembebasan dan pengurangan pajak. Itu semua dikomunikasikan melalui satu asosiasi yaitu Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu,” tandasnya. [luc/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar