Iklan Banner Sukun
Ekbis

Desa Argoyuwono Jadi Sentra Peternakan Domba dan Kambing PE Terbesar di Malang

Kepala Desa Argoyuwono, Purnomo

Malang (beritajatim.com) – Desa Argoyuwono di Kecamatan Ampelgading, menjadi sentra peternakan Kambing Peranakan Etawa (PE) terbesar di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sebanyak 1.160 KK di desa ini adalah peternak.

Ada tiga jenis ternak yang dibudidayakan warga yaitu domba, Kambing Etawa, maupun (PE). Bahkan, populasi domba dan kambing di tempat ini melebihi jumlah penduduk desa.

Seperti di Dusun Argosari, Desa Argoyuwono. Dusun yang banyak dihuni oleh warga keturunan Madura ini terdiri dari 9 RT dan 2 RW dengan mayoritas penduduk berprofesi sebagai peternak domba dan kambing PE.


“Alhamdulilah, tingkat ekonomi warga saat ini boleh dibilang sejahtera. Selain warga budidaya tanaman kopi dan palawija untuk biaya kehidupan serta pendidikan anak-anak untuk jangka pendek, mereka juga punya hasil dari berternak kambing,” ujar Kepala Desa Argoyuwono, Purnomo, Senin (26/9/2022).

Sebagai Kades, Purnomo juga seorang peternak andalan kambing PE. Sejak menjabat Kades Argoyuwono pada 2013 lalu, Purnomo selalu mengajak warga desa dan perangkat desanya agar punya pekerjaan sampingan sebagai peternak kambing.

“Kalau sudah merasakan hasil dari keuntungan beternak kambing, untuk bekerja lain rasanya malas,” tutur Purnomo.

Purnomo menjelaskan, jumlah penduduknya di dusun yang ia kepalai, lebih banyak hewan kambing piaraannya.

“Saat ini populasi kambing di Desa Argoyuwono hampir mencapai 15 ribu ekor. Jumlah itu jauh lebih banyak jika dibanding jumlah penduduk yang ada saat ini,” ucap Purnomo.

Menurut Purnomo, untuk jenis kambing yang banyak dipelihara warga saat ini yaitu jenis domba dengan sistem breeding atau penggemukan. Dengan cara itu, selain perawatannya mudah, pemasaran juga sangat mudah.

“Saaat ini saya sedang mengembangkan bibit kambing jenis merino dan ada sebagian kambing lokal jenis Australia,” tegasnya.

Tak hanya itu, sesuai amanat dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, Pemdes Argoyuwono juga memanfaatkan BUMDes Argo Maju Sejahtera. BUMDes yang baru diresmikan oleh Bupati Malang HM. Sanusi itu, kini juga bergerak dalam unit usaha peternakan kambing.

“Saat ini BUMDes Argo Maju Sejahtera juga mengelola unit peternakan kambing.Dari penyertaan modal awal sekitar Rp160 juta dan kini saldonya sudah bertambah. Kedepan, BUMDes ini akan menambah pengelolaan unit-unit usaha yang lain dengan tujuan menambab PAD di desa kami,” kata Purnomo. [yog/beq]


Apa Reaksi Anda?

Komentar