Ekbis

Abdul Halim Iskandar: Di Masa Pandemi Covid-19, Ekonomi Desa Harus Bangkit

Gresik (beritajatim.com) – Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyatakan kunci untuk bangkit dari pandemi Covid-19 adalah penguatan potensi daerah. Untuk itu, guna mengurai dampak sosial di masa pandemi, ekonomi desa harus bangkit.

Pernyataan itu disampaikan saat kegiatan sarasehan bertajuk Kontribusi Kader PKB dalam mewujudkan kemandirian desa di Gresik yang dihadiri seluruh pimpinan anak cabang (PAC) Gresik dan anggota fraksi PKB DPRD Gresik, Minggu (25/10/2020).

“Sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa membangun Indonesia dari Desa tetap terus dilanjutkan. Dengan tujuan yang lebih fokus yakni harus segera bangkit dari pandemi ini,” ujar Abdul Halim Iskandar.

Ia menuturkan, persoalan itu mudah dilakukan apabila didukung penuh oleh legislatif dan eksekutif. Baik itu regulasi maupun kebijakan anggaran.

“Potensi Gresik cukup mumpuni untuk mengurai permasalahan sosial yang timbul akibat sebaran virus Covid-19 utamanya di sektor ekonomi maupun lapangan kerja. Diharapkan BUMDes juga bisa hadir sebagai solusi mengurai dampak sosial,” tuturnya.

Masih menurut Abdul Halim Iskandar, dirinya mencontohkan kawasan ‘Edu Wisata Lontar Sewu’ yang ada di Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti, Gresik. Dengan memaksimalkan potensi desa, sehingga usaha yang dijalankan bisa maksimal dan berkelanjutan.

“Hal tersebut tentu tidak serta merta bisa diterapkan di kawasan lain. Tugas lainnya yakni meneliti potensi yang bisa dikembangkan. Melalui pendekatan ekonomi mikro yang lebih spesifik pada aktifitas warga,” ungkapnya.

Mengenai keberadaan BUMDes. Dikatakan Abdul Halim Iskandar, badan usaha ini merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan ekonomi di masyarakat. Jika BUMDes itu berjaya, maka masyarakat ikut terbantu secara ekonomi.

“Saya berharap, kader PKB Gresik yang duduk di legislatif concern terhadap hal tersebut. Pandemi berakhir, BUMDes pun bangkit dan mandiri,” urainya.

Sementara itu, Ketua DPC PKB Gresik Moh. Qosim berkomitmen bahwa seluruh kader PKB akan all out mendukung percepatan Desa mandiri.

“Selama ini BUMDes di Gresik juga berperan penting dalam upaya penanganan pandemi. Sehingga, kedepan diharapkan bisa menjadi seperti perusahaan yang dikelolah secara profesional,” tandasnya. [dny/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar