Berita Migas

Presiden Minta Pembebasan Lahan untuk Kilang Tuban 3 Bulan Tuntas

Tuban (beritajatim.com) – Menjawab proses kesiapan pembangunan kilang Tuban yang berada di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pelaksanaan persiapan pembangunan kilang itu masih dalam proses menyelesaikan pembebasan lahan.

“Kilang minyak sebelah (Kilang Grass Root Refinery Tuban) tadi pagi saya mendapatkan informasi masih menyelesaikan pembebasan lahan,” ungkap Joko Widodo, saat berkunjung di Kilang TPPI Desa Remen, Kecamatan Jenu, Tuban, Sabtu (21/12/2019).

Dalam kesempatam itu, Presiden Jokowi memberikan instruksi kepada Pertamina untuk segera menyelesaikan pembebasan lahan milik warga yang masih terkendala. Ia memberikan batasan waktu maksimal tiga bulan supaya semua lahan yang masuk dalam Penetapan Lokasi (Penlok) bisa diselesaikan.

“Saya juga sudah memberikan batasan waktu, tidak bisa lagi lebih dari tiga bulan. Kalau memang sanggup, ya sanggup. Kalau tidak sanggup, ngomong,” tegas presiden di hadapan para awak media.

Terkait ketegasan Presiden tersebut, Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, untuk lahan kilang GRR masih memerlukan tambahan lahan. Dan memang masih ada lahan milik warga yang belum terselesaikan.

“Terkait hal itu kita ada dua opsi. Apakah lahan yang milik warga kami lanjutkan untuk luasan atau reklamasi. Kalau memang harus reklamasi kami juga sudah mendapatkan izin dari Kemenhub. Reklamasi juga sudah berjalan,” ungkap Nicke Widyawati.

Nicke juga menyatakan bahwa Presiden Jokowi menyampaikan bahwa jangan sampai ada masalah atau hambatan dalam pembangunan kilang GRR Tuban.”Kita jalankan sesuai arahan presiden yang meminta jangan sampai ada masalah dalam pembangunan kilang GRR Tuban. Kalau ada kesulitan di lahan tanah untuk pembebasan, ya kita tambah lahan dengan reklamasi seluas 200 hektar,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kunjungannya di kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Presiden Republik Indonesia itu didampingi sejumlah menteri. Di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Komisaris Utama (Komut) Pertamina Basuki Tjahya Purnama, Dirut PT Pertamina, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, serta pejabat lainnya. Presiden langsung melakukan visit keliling lokasi kilang TPPI itu. [mut/suf]






Apa Reaksi Anda?

Komentar