Peristiwa

KM Santika Nusantara Terbakar, Tiga Penumpang Ditemukan Meninggal

Evakuasi korban meninggal

Sumenep (beritajatim.com) – Tiga penumpang KM Santika Nusantara ditemukan meninggal dalam musibah terbakarnya kapal tersebut. “Tiga penumpang meninggal itu kemudian dibawa ke daratan menggunakan perahu nelayan,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Masalembu, Taufik, Jumat (23/8/2019).

KM Santika Nusantara dari Surabaya ke Balikpapan, terbakar di Perairan Masalembu pada Kamis (22/8/2019) malam. Meski api sudah berhasil dipadamkan, namun asap masih terlihat mengepul di bangkai kapal.

Berdasarkan manifes, jumlah penumpang kapal sebanyak 111 orang, terdiri dari 100 penumpang dewasa, 6 penumpang anak, dan 5 bayi. Jumlah tersebut belum termasuk anak buah kapal.

“Jenazah tiga korban meninggal itu ada di Puskesmas Masalembu. Dua sudah teridentifikasi berdasarkan kartu identitas yang ditemukan. Sedangkan satu jenazah lagi masih Mr. X,” terang Taufik.

Namun versi masyarakat, ada 4 orang yang meninggal. Tiga jenazah sudah berhasil dievakuasi ke daratan, dan satu jenazah lagi belum ditemukan.

“Saya dapat kabar dari nelayan di lokasi, ada satu balita yang meninggal. Tapi jenazahnya masih belum ditemukan,” kata salah satu warga Masalembu, Zainul.

Untuk para penumpang yang selamat, sebagian ada yang dievakuasi ke Surabaya dan sebagian lagi masih di Pulau Masalembu. Yang dibawa ke Surabaya sebanyak 89 orang. Dievakuasi menggunakan KM Spil Citra 23 orang, KM Dharma Fery 7 sebanyak 55 orang, dan KM Bintang Mutiara sebanyak 11 orang. Sedangkan 50 orang lainnya berada di Kantor Syahbandar Masalembu, dan sebagian berada di Puskesmas Masalembu. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar