Siapa Dia

Mahasiswa UK Petra Surabaya Kembangkan Aplikasi Belajar Aksara Jawa

Glenn Steven Santoso
Glenn Steven Santoso menunjukkan aplikasi BASKARA hasil inovasi bersama timnya

Surabaya (beritajatim.com) – Mahasiswa UK Petra Surabaya Glenn Steven Santoso mengembangkan aplikasi bernama BASKARA. Yakni aplikasi untuk mempermudah generasi muda dalam mempelajari bahasa Jawa.

Sistem aplikasi ini mirip dengan game. Para pengguna bisa menulis Aksara Jawa secara langsung, dibantu dengan terjemahan yang ada di dalam aplikasi. Sehingga, user yang ingin belajar Bahasa Jawa, bisa sekaligus belajar menulis Aksara Jawa.

“Tidak hanya menulis atau menggambar aksara, kami juga menyediakan fitur lain seperti scanning foto huruf Aksara Jawa, translation Aksara Jawa ke tulisan, juga ada artikel tentang seputar kebudayaan Jawa,” ujar Glenn, ditulis Kamis (17/8/2023).

Glenn mengaku bahwa pengembangan aplikasi ini berawal dari keprihatinannya dengan semakin berkurangnya penggunaan dan pemahaman Aksara Jawa, khususnya di kalangan generasi muda.

BAKSARA diharapkan menjadi kebutuhan dalam menciptakan solusi inovatif untuk melestarikan sekaligus meningkatkan kesadaran akan Aksara Jawa. Menurutnya, saat ini sebagian besar aplikasi hanya menyediakan transliterasi, dan masih memakai Pepak Aksara Jawa konvensional.

“Hal ini menjadi kesempatan untuk kami mengembangkan aplikasi pembelajaran Aksara Jawa, yang bisa membuat pembelajaran aksara menjadi lebih mudah diakses dan menarik,” terangnya.

Baca Juga: UK Petra Surabaya, Mahasiswa DKV dan IPDM Pamerkan Karya Terbaik

Glenn sendiri dalam tim ini bertanggung jawab membuat kode back-end dan perilisan kode di web menggunakan Google Cloud. Fungsinya untuk operasional sistem yang ada, termasuk di dalamnya menjaga kelangsungan aplikasi BAKSARA itu sendiri.

“Saya juga bertanggung jawab menghandle API (Application Programming Interface). Jadi ibarat perantara, saya bertanggung jawab atas komunikasi data BAKSARA,” jelasnya.

Atas inovasinya itu, Glenn bersama timnya dari Ubaya dan ITS menjadi 500 lulusan terbaik dari 5.017 mahasiswa di Indonesia, yang ikut program Bangkit 2023 oleh Kemendikbudristek. Selain itu, Glenn dan timnya juga masuk dalam Top 20 Project.

Glenn meraih predikat Distinction Graduate dengan perolehan nilai di atas 90 dalam bidang cloud computing. Glenn dan timnya pun mendapat pendanaan dari Kemendikbudristek sebesar Rp 140 juta. [ipl/ted]


Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Indeks



Apa Reaksi Anda?

Komentar