Iklan Banner Sukun
Ragam

Waspada! Tak Hanya Balita, Inilah Gejala Cacingan Pada Orang Dewasa

Ilustrasi orang dewasa yang mengalami gejala cacingan. (Sora Shimazaki, pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Tidak hanya kucing atau anak kecil saja, nyatanya orang dewasa juga bisa menderita cacingan loh! Cacingan sendiri merupakan kondisi terjadinya infeksi cacing dalam usus manusia. Ada beberapa jenis cacing yang bisa menjadi penyebabnya, salah satunya adalah cacing kremi yang bersifat parasit.

Cacingan tentu bukan kondisi yang bisa diremehkan, karena apabila sudah parah, cacingan bisa memicu komplikasi seperti infeksi saluran kemih. Oleh karena itu, kalian harus tetap waspada dengan mengenali gejala atau ciri-ciri cacingan di bawah ini!

1. Rasa gatal di sekitar anus

Salah satu gejala yang paling menonjol dari infeksi cacingan kremi atau enterobius vermicularis adalah timbulnya gatal-gatal di sekitar anus. Rasa gatal ini tidak akan hilang meski kalian sudah membasuh anus berkali-kali, bahkan akan bertambah parah di malam hari.

Ini karena cacing adalah hewan noktrunal yang mana akan lebih aktif di malam hari. Itu artinya, pada malam hari cacing akan berpindah ke daerah sekitar anus untuk bertelur. Rasa gatal ini tidak hanya membuat kalian tidak nyaman, namun juga bisa menyebabkan luka jika digaruk secara terus menerus.

2. Lemas

Gejala kedua yang perlu kalian perhatikan adalah ketika merasa lemas secara berlebihan. Rasa lemas ini juga bisa disebabkan oleh rasa gatal yang parah di malam hari, sehingga pengidapnya akan kurang tidur karena tidak nyaman. Apabila berkepanjangan, kalian juga akan mengalami penurunan konsentrasi dan rasa pusing.

3. Sakit perut disertai mual

Jangan anggap remeh jika kalian mulai merasa sakit perut bahkan mual-mual. Meski merupakan gejala yang tidak berbeda dengan gangguan pencernaan lainnya, bisa jadi sakit perut ini disebabkan oleh cacing yang tinggal di dalam usus kalian. Membuat makanan yang masuk ke perut seolah ingin dikeluarkan lagi.

4. Berat badan menurun drastis

Penurunan berat badan menjadi gejala yang khas dan identik dengan kondisi cacingan. Apalagi jika penurunan ini terjadi secara signifikan, sementara kalian tidak melakukan diet dan makan dengan teratur.

Jika sudah seperti itu, tandanya kondisi cacingan pada tubuh sudah parah, populasi cacing kremi dalam tubuh pun sudah dalam jumlah parah, sehingga nutrisi penting bagi tubuh dihabiskan oleh si cacing.

Gejala dan tanda di atas memang tampak tidak signifikan, tetapi bukan berarti bisa disepelekan. Mulailah untuk rutin meminum obat cacing dan jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan. Pastikan pula sayuran dan buah yang kalian konsumsi sudah dicuci dengan bersih.

Jika kalian merasakan gejala di atas dengan intensitas yang sering, maka akan lebih baik jika segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan secara tepat. (mnd/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar