Iklan Banner Sukun
Ragam

Tidak Hanya Enak untuk Lalapan, Ini 7 Manfaat Acar Timun Untuk Penyakit Kronis

Jenis acar mentimun dan tomat yang mengalami proses fermentasi. (Sumber foto: Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Selain untuk lalapan, mentimun juga dapat diolah menjadi acar sebagai bahan pelengkap nasi goreng, martabak hingga burger.

Biasanya acar mentimun dibuat dengan cara direndam dalam cuka dan air garam. Karena campuran cuka dan garam tersebut menjadikan acar tinggi akan vitamin dan bermanfaat untuk kesehatan.

Walaupun dapat bermanfaat untuk tubuh. Tetapi, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi acar secara berlebihan karena dapat berbahaya. Lantaran kandungan nutrisinya yang sangat tinggi.

Jadi jangan berlebihan dalam mengonsumsinya ya! tapi tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat dari acar timun untuk tubuh ini.

1. Menjaga Kolestrol
Bagi pecinta makanan yang mengandung lemak tinggi dan memiliki banyak kolestrol, dengan mengonsumsi acar timun dipercaya dapat mengontrol kadar kolestrol di dalam tubuh.

Namun, Anda juga tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung kolestrol jahat.

Jadi itulah sebabnya, banyak restoran hingga rumah makan yang menyajikan jenis makanan berat, tetapi juga menyajikan acar timun sebagai pelengkap.

2. Mengontrol Diabetes
Manfaat acar timun selanjutnya adalah dapat mengontrol gula darah. Jadi bagi Anda yang memiliki riwayat diabetes disarankan untuk mengonsumsi acar timun.

3. Mencegah Terjadinya Kanker Limpa
Meskipun banyak orang yang menganggap jika organ limpa tidak memiliki fungsi nyata. Tetapi kenyataannya limpa berperan penting dalam imunitas.

Jadi dengan mengonsumsi acar dapat membantu mengkonsolidasikan kesehatan limpa, lantaran acar menjadi sumber untuk bakteri prebiotik dan probiotik.

4. Membantu Pencernaan Bekerja dengan Baik
Acar timun dapat bermanfaat untuk membuat proses pencernaan menjadi lebih baik. Pasalnya serat dalam manfaat acar timun mampu untuk mengontrol dan menjaga kesehatan serta kelancaran dari organ – organ pencernaan dalam tubuh.

5. Kaya akan Vitamin dan Mineral
Meskipun memiliki rasa sedikit asam, namun acar kaya akan vitamin dan mineral. Seperti vitamin A, K, C, folat, zat besi, potassium, dan kalsium.
Kandungan tersebut dapat membantu memperbaiki penglihatan, memperkuat tulang, dan masih manfaat banyak lainnya.

6. Menghilangkan Racun di Tubuh
Taukah Anda jika acar timun juga dapat membunuh dan membersihkan racun hingga sisa – sisanya yang mengendap di dalam tubuh.

Hal ini tentu mempermudah tubuh dalam detoksifikasi di dalam tubuh menjadi lebih optimal.

7. Mencegah Obesitas
Acar mentimun rendah akan kalori, namun kaya akan kandungan air. Hal inilah mengapa acar dapat mengenyangkan dan membantu program diet Anda.

Namun perlu diketahui jika terlalu banyak dalam mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam dapat berisiko terkena stroke, serangan jantung dan menghilangkan kalsium pada tulang. Jadi konsumsi acar dalam takaran sewajarnya. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev