Iklan Banner Sukun
Ragam

Teksas Wonocolo, Wisata Energi Bojonegoro ala Texas City

(Foto: Teksas Wonocolo, maritim.go.id)

Surabaya (beritajatim.com) – Wisata adalah salah satu lini bisnis yang terus tumbuh di Indonesia beberapa aatahun kebelakang. Setiap daerah bahkan desa mencoba membuat dan mengembangkan wisata-wisata yang mengangkat kearifan lokal masing-masing. Bentuknya pun beragam mulai dari taman, wisata ekologi, replikasi, sampai pemanfaatan lokais bekas tambang.

Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak wisata, termasuk wisata bertema Geosite. Situs wisata bertema geologi, seperti Watu Gundul, Kayangan Api, serta Teksas Wonocolo. Situs wisata yang disebutkan terakhir diresmikan sebagai Geopark Nasional tahun 2017 lalu. Memiliki lahan seluas 28,12 hektare, wisata ini memanfaatkan lokasi pertambangan minyak yang sudah berjalan sejak tahun 1800 an sebagai objek utama.

Teksas Wonocolo disebut juga sebagai kawasan wisata minyak pertama di Indonesia. Teksas Wonocolo ini merupakan tempat dimana bekas pengeboran sumur minyak di perbukitan Desa Wonocolo, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Lokasi sumur minyak ini berbatasan langsung dengan Provinsi Blora di Jawa Tengah.

Teksas Wonocolo telah dipilih dan diusulkan sebagai geosite untuk Petroleum Geoheritage Bojonegoro. Di tempat ini, bebatuan sistem petroleum dan mewakili tradisi penggalian minyak dari sistem minyak dan sumur peninggalan Belanda kuno.

Ekstraksi minyak secara tradisional dilakukan dari mesin mobil menggunakan ring- ring kayu jati. Lokasi itu sekarang disebut Teksas Wonocolo. Tekad Selalu Aman dan Sejahtera sendiri merupakan kepanjangan dari Teksas. selain itu kondisi lingkungan di teksas wonocolo juga sama dengan texas di amerika serikat.

Saat Anda tiba di gerbang desa Wonocolo, Anda juga akan melihat Sebuah gerbang dibangun untuk menyambut wisatawan dengan bertuliskan “Selamat datang di Teksas Wonocolo”. Disana Anda bisa langsung melihat proses tradisional penyulingan solar dan bensin menjadi minyak tanah oleh penduduk setempat.

Lubang minyak bertambah dari tahun ke tahun. Jelas bahwa pemandangan yang tidak biasa dan spektakuler menjadi daya tarik utama dari wisata ini. Teksas Wonocolo kini menjadi objek wisata edukasi di Bojonegoro. Ada rumah singgah, pusat belajar minyak dan cara mendapatkannya di Wonokoro.

Di tengah sumur tradisional, dipasang dua rumah singgah sebagai tempat peristirahatan pengunjung. Hingga saat ini, daya tarik utama adalah pengeboran minyak dengan alat tradisional oleh penduduk setempat. Tidak jarang Teksas Wonocolo menjadi daya tarik wisata bagi wisatawan ke Bojonegoro dan sekitarnya. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar