Iklan Banner Sukun
Ragam

Manfaat Air Lemon Mulai Dari Mencegah Penuaan Hingga Rematik

(Foto: Lukas, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kini masyarakat memang gemar mengkonsumsi air lemon. Selain diperas terlebih dahulu, biasanya buah lemon juga dikonsumsi dengan cara dipotong slice kemudian dicampurkan pada air mineral dingin atau infused water. Minum minuman air lemon tidak hanya dapat melepas dahaga dan menyegarkan tubuh, namun buah yang identik dengan warna kuning ini juga kerap dimanfaatkan untuk diet.

Meski rasanya cukup asam, ragam kandungan baik di dalam buah lemon, seperti kalsium, kalium, serat, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin, B6, dan vitamin C, memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi air lemon.

Mencegah penuaan dini

Air lemon ternyata juga mengandung anti oksidan yang cukup tinggi, tak ayal jika mengkonsumsinya dapat menangkal radikal bebas terlebih untuk seseorang yang sering berkegiatan di luar ruangan, terkena sinar matahari, hingga terpapar polusi. Jadi, mengkonsumsi minuman berbahan dasar lemon juga dapat membantu mencegah penuaan dini.

Perawatan kulit

Kandungan vitamin C yang cukup banyak pada buah lemon sangat baik untuk perawatan tubuh. Biasanya kulit akan lebih terlihat cerah dan sehat, terlebih pH yang terdapat di dalamnya hampir sama dengan pH kulit yang juga sedikit asam. Tak ayal jika kulit yang bermasalah dapat kembali membaik. Jadi tidak hanya dapat dikonsumsi, air lemon juga bisa diaplikasikan pada kulit yang berjerawat. Namun, untuk kulit yang sensitif dan iritasi tidak dianjurkan menggunakan lemon.

Mengontrol tekanan darah

Manfaat lain pada buah lemon ialah untuk mengontrol tekanan darah. Karena pada air lemon mengandung kalium yang cukup tinggi jadi baik untuk mereka yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Selain itu, berguna juga untuk mengatasi mual serta stress mental, jadi buah ini cocok untuk merelaksasi diri.

Mencegah rematik

Untuk mencegah rematik yang biasanya terasa nyeri-nyeri di area persendian juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi air lemon secara teratur. Kandungan anti radang pada lemon setidaknya dapat mengurangi berbagai keluhan nyeri pada sendi. [fyi/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar