Iklan Banner Sukun
Ragam

Cara Mengatasi Sering Nyeri Punggang, Para Pekerja Depan Laptop Wajib Tahu

Ilustrasi seseorang yang mengalami nyeri punggung (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Law back pan atau Nyeri punggung merupakan hal yang paling sering dialami seseorang ketika bangun tidur. Hal ini tentu tak hanya membuat nyaman, napi juga mengganggu suasana hati untuk memulai aktivitas.

Biasanya nyeri punggung dapat terjadi karena posisi tidur yang buruk atau tidak beraturan. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang bisa melatarbelakanginya, seperti olahraga yang berlebihan atau adanya gejala suatu penyakit yang berkaitan dengan tulang belakang.

Seperti yang diketahui, bahwa nyeri punggung terjadi pada ruas tulang belakang atau area di sekitarnya, seperti otot, pembuluh darah, hingga saraf. Tak ayal jika hal ini menjadi sangat berkaitan.

Sebenarnya nyeri punggung tidak berkaitan pada jenis penyakit yang cukup serius. Kondisi seperti ini bahkan biasanya berlangsung singkat selama beberapa hari atau minggu.

Namun, jika hal ini dirasakan dalam jangka panjang, kronis, dan berulang, maka sebaiknya atasi dengan melakukan hal-hal seperti berikut ini;

Perhatikan postur tubuh

Agar tidak memperparah keadaan nyeri punggung, maka tentu saja perlu memperhatikan postur tubuh agar tetap tegak. Jika dalam kondisi duduk, maka sebaiknya pilih kursi yang ergonomis.

Hindari aktivitas yang menggunakan punggung bawah

Selain memperhatikan postur, hal yang perlu dilakukan agar tidak memperburuk rasa nyeri pada punggung ialah menghindari aktivitas tertentu. Terlebih yang menggunakan kekuatan punggung bagian bawah, seperti mengangkat sesuatu yang berat dan lain sebagainya.

Pastikan saat bangun tidur tidak langsung duduk atau berdiri

Hal yang kurang tepat, tapi sering dilakukan seseorang ialah posisi duduk atau berdiri seketika setelah bangun tidur. Padahal posisi yang benar ialah membiarkan badan dalam posisi miring terlebih dahulu. Kemudian duduk dengan posisi tegak.

Lakukan beberapa gerakan

Nyeri punggung kerap dirasakan pada area punggung bawah hingga sekitar pantat. Tak ayal jika seseorang mengalami kondisi seperti ini, sebaiknya lakukan beberapa gerakan yang mendukung untuk mengatasinya.

Mulai dari melipat dan mengangkat satu kaki hingga lutut sejajar dengan dada, sehingga tarikan yang kuat dapat merenggangkan area otot belakang. Cara ini lebih baik jika dilakukan dengan posisi duduk. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar