Politik Pemerintahan

Rekapitulasi KPU, Pasangan SANDI Menang di Pilbup Malang 2020

Malang (beritajatim.com) – Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan penghitungan suara di tingkat Kabupaten dalam Pilkada Serentak Kabupaten Malang oleh KPU setempat, Rabu (16/12/2020) malam ini menyatakan, pasangan nomer urut 1 Sanusi-Didik Gatot Subroto (SANDI) sebagai pemenang.

Dari hasil rekapitulasi suara secara keseluruhan, pasangan ini mengantongi 530.449 suara atau 45,5 persen. Sementara paslon nomor urut 2, Lathifah Shohib – Didik Budi Muljono (LADUB) berada di posisi dua dengan perolehan 491.816 suara atau 42,19 persen.

Di posisi terakhir, paslon independen ‘Malang Jejeg’ Heri Cahyono – Gunadi Handoko dengan perolehan suara 143.327 atau 12,29 persen.

Komisioner KPUD Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan, proses rekapitulasi berlangsung cukup lama. Beberapa protes dari Liason Officer (LO) adalah alasannya.

“Ya tapi itu hak mereka untuk protes, tidak apa-apa. Tapi alhamdulilah prorses berlangsung lancar. Dan semua paslon akhirnya legowo menerima dan tanda tangan,” tuturnya ke awak media setelah rekapitulasi selesai.

Rekapitulasi tingkat kabupaten ini menghadirkan seluruh Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PKK) dan juga Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan). PPK membacakan hasil rekapitulasi suara berdasarkan model-D atau hasil rekapitulasi tingkak masing-masing kecamatan.

Menanggapi hasil rekapitulasi itu, tim pemenangan SANDI mengaku tidak terkejut. “Prinsipnya, kami tidak terkejut dengan hasil ini. Karena sedari awal, sudah kami laksanakan prosesnya sesuai dengan prosedur,” ujar Liason Officer (LO) paslon SANDI, Santoko, saat ditemui usai rapat pleno.

Kata Santoko, dari dua hasil hitung cepat dan hitung faktual yang dilakukan oleh tim internal SANDI sejauh ini, tidak berbeda dengan hasil rekapitulasi sebelumnya. Baik hitung cepat tim internal PDIP dan sejumlah lembaga survei quick count.

“Dan sejak awal, di dua kali kita melaksanakan pers rilis, hasil pada malam hari ini tidak berubah. Karena kami yakin seluruh proses yang kita lakukan bersama dan yang sudah kita jalani, kita rekap datanya ke dalam data faktual, dari rekap di tingkat seluruh KPPS, PPS dan POK di tingkat kecamatan sudah sesuai dengan prosedur,” papar Santoko.

Dirinya menegaskan, kemenangan yang diraih oleh SANDI merupakan kemenangan rakyat. Dan dirinya berharap sekat-sekat yang terjadi selama proses Pilkada, bisa selesai seiring ditetapkannya hasil perolehan suara oleh KPU Kabupaten Malang.

“Tentu paslon kami, bersama-sama dengan paslon yang lain, kita bangun Kabupaten Malang. Dan komitmen untuk membesarkan Kabupaten Malang. Itu tugas kita bersama,” pungkas Santoko.

Terpisah, Koordinator Relawan Bintang 9 pendukung SANDI, H.Abdurrahman menambahkan, kemenangan SANDI adalah kemenangan masyarakat Kabupaten Malang. “Selamat buat Pasangan SANDI. Kami berharap amanah yang sudah dititipkan oleh masyarakat Kabupaten Malang, bisa dilaksanakan dengan baik demi mewujudkan kesejahteraan seluruh rakyat Kabupaten Malang,” ujar Abah Dur, sapaan akrabnya.

Mantan anggota DPRD Kabupaten Malang itu mengatakan bahwa Pilkada telah usai. Ia berharap seluruh pendukung Paslon bisa saling berjabat tangan. Merajut tali persaudaraan untuk menata kembali Kabupaten Malang menjadi lebih baik lagi.

Selaku koordinator Relawan Bintang 9, dirinya turut mengucapkan banyak terimakasih atas perjuangan para relawan SANDI yang luar biasa selama kontestasi berlangsung.

“Perjuangan kawan-kawan relawan dalam pemenangan SANDI sangat luar biasa. Terima kasih yang tak terhingga untuk seluruh relawan SANDI dimana pun mereka berada. Kemenangan SANDI adalah kemenangan seluruh rakyat Kabupaten Malang,” Abah Dur mengakhiri. [yog/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar