Politik Pemerintahan

Pemkab Malang Wacanakan Bikin Pembangkit Listrik Tenaga Sampah

Malang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Malang sudah melakukan Video Conference dengan Deputi Kemaritiman Energy dan Pengelolaan Kekayaan Laut, Selasa (16/2/2021).

Video daring dihadiri oleh Sanusi Bupati Malang, Sekretaris Daerah Malang Wahyu Hidayat, dan PLT Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara guna membahas tentang Energy terbarukan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah).

Selain itu penawaran sejuta listrik tenaga surya, juga dipaparkan oleh pihak Deputi Kemaritiman Energy dan Pengelolaan Kekayaan Laut kepada Kabupaten Malang serta fasilitas Vulkanology Park di Ringin Anom untuk menunjang pariwisata Bromo Tengger Semeru (BTS).

“Mau kita bikin di Desa Randuagung, Singosari rencananya. Saat ini Bapenda sedang menyusun proposalnya untuk kemudian insyallah di awal maret setelah pelantikan saya akan menghadap ke Menko,” ungkap Bupati Malang HM Sanusi, Rabu (17/2/2021).

Program ini bukan hanya untuk Kabupaten Malang, akan tetapi semua sampah yang ada di Kota Malang dan Kota Batu akan diarahkan ke Desa Randuagung Singosari. “Semua sampah di area Malang Raya akan diarahkan kesana (Desa Randuagung), sebagai material yang nantinya akan dikelola menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah,” tegas Sanusi.

Sanusi menjelaskan, hal ini sangat penting bagi kemajuan masyarakat Kabupaten Malang. Pasalnya, beberapa waktu lalu tentang Energy baru terbarukan ini sudah dibahas dengan Ketua Komisi VII DPR RI.

“Jika usulan ini realisasi, maka masyarakat amat sangat terbantu karena dapat mengurangi biaya rumah tangga yang nantinya, akan meningkatkan ekonomi. Sehingga dampaknya kemiskinan menurun,” Sanusi mengakhiri. (yog/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar