Politik Pemerintahan

Pemkab Jember Diminta Selektif Cairkan Anggaran Perjalanan Dinas Rp 14 M

Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim [foto: Oryza A. Wirawan]

Jember (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, diminta selektif dalam mencairkan anggaran perjalanan dinas sebesar Rp 14,107 miliar dari kas yang mendahului penetapan Anggaran Pendapatan Belanka Daerah 2021.

Hal ini disampaikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa, dalam Keputusan Nomor 188/149/KPTS/013/2021 tentang Pengesahan Rancangan Peraturan Bupati tentang Pengeluaran Kas Mendahului Penetapan APBD Tahun Anggaran 2021.

“Gubernur meminta agar belanja perjalanan dinas dilakukan secara selektif sesuai urgensi dari maksud dan tujuan belanja tersebut direalisasikan,” kata Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim, Kamis (25/3/2021) sore.

Selain itu, gubernur meminta Pemkab Jember agar mencermati dan meneliti kembali karakteristik belanja dan menginventarisasi belanja lainnya yang telah dianggarkan dalam rancangan perkada itu. “Apakah termasuk kategori belanja yang dapat direalisasikan sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu belanja untuk keperluan mendesak dan belanja yang bersifat tetap,” kata Halim. Belanja yang bersifat tetap itu antara lain belanja pegawai, belanja layanan jasa, dan belanja keperluan kantor sehari-hari.

“Gubernur menyatakan, apabila terdapat belanja yang karakteristiknya bukan belanja yang sudah ditentukan, sebaiknya tidak dilaksanakan,” kata Halim. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar