Politik Pemerintahan

Pembangunan Pelabuhan Socah dan Tanjung Bulu Pandan Bangkalan, Tahapan Jalan Terus

Pelabuhan kapal Fery di Bangkalan (Foto: Zamachsari/beritajatim.com)

Bangkalan (beritajatim.com) – Rencana percepatan pembangunan dua pelabuhan yakni Pelabuhan Socah dan Tanjung Bulu Pandan kini sedang dalam proses evaluasi trase study Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Kabid Infrastruktur dan Wilayah Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Bangkalan, Felgie Suryaprana menyampaikan bahwa pihaknya sudah membicarakan rencana pembangunan pelabuhan tersebut dengan Pemprov pada akhir tahun 2022 lalu.

“Kami sudah lakukan koordinasi dengan Pemprov Jatim dan tahapan terus berjalan,” tuturnya, Sabtu (21/1/2023).

Menurut Felgie, rencana pembangunan Pelabuhan Socah dan Tanjung Bulu Pandan merupakan bagian item pembangunan dari Peraturan Presiden Nomor 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan di daerah Gerbangkertosusila. Kini Pemkab sudah membahas hasil trase study jalan menuju akses pelabuhan tersebut.

“Sementara masih ada kekurangan dan butuh penyempurnaan. Lebar dan panjang jalannya sudah diukur, tetapi titik koordinatnya masih belum final,” jelasnya.

Untuk sementara ini, Pemkab Bangkalan masih menunggu penyempurnaan kebutuhan pembangunan tersebut dari Pemprov dan Pemerintah Pusat.

“Nanti akan kami tindak lanjuti ketika hasilnya selesai,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, yang dimaksud Gerbangkertosusila (akronim dari Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan) atau disebut juga Surabaya Raya adalah sebuah aglomerasi megapolitan di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. [sar/but]

 

Apa Reaksi Anda?

Komentar