Politik Pemerintahan

Susul PAN dan NasDem

PBB, Golkar dan Perindo Berkoalisi Bentuk Fraksi Madani

Pamekasan (beritajatim.com) – Tiga dari lima partai politik (parpol) berbeda yang gagal meraih batas minimal perwakilan satu fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan, membentuk koalisi gabungan.

Ketiga parpol tersebut masing-masing Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Pertai Persatuan Indonesia (Perindo). Mereka menamakan koalisi tiga parpol tersebut dengan sebutan Fraksi Madani.

“Penjajakan sudah final, saat ini kita sudah fix dan membentuk fraksi dari tiga parpol berbeda, yakni PBB, Golkar dan Perindo,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB Pamekasan, Suli Faris kepada beritajatim.com, Senin (26/8/2019).

Hal senada juga disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Pamekasan, Rize Ikhwanul Muttaqien yang menyatakan koalisi tiga parpol tersebut sudah resmi. “Guna membentuk fraksi di DPRD Pamekasan, kami menjalin koalisi bersama dua parpol lain, yakni PBB dan Perindo,” ungkapnya.

Bahkan dalam koalisi tersebut, ketiga parpol juga sepakat memberikan nama fraksi mereka dengan sebutan yang tidak menggunakan embel-embel parpol namun penuh arti. “Untuk koalisi ini, kita sepakat menamakan Fraksi Madani,” tegasnya.

Sebelumnya dua parpol dari 10 parpol berbeda yang juga mengalami ‘nasib’ serupa, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) juga menjalin koalisi dengan formasi masing-masing dua perwakilan dalam satu fraksi.

Sementara untuk Fraksi Madani sendiri, nantinya bakal diisi oleh sebanyak 7 (tujuh) anggota. Jumlah tersebut terdiri dari tiga anggota dari PBB, tiga anggota dari Partai Golkar dan satu anggota dari Perindo. Sesuai dengan perolehan suara hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 lalu.

Dengan kondisi tersebut, nantinya bakal terdapat sebanyak tujuh fraksi di Gedung DPRD Pamekasan di Jl Kabupaten 107 Pamekasan. Masing-masing Fraksi PPP dengan total anggota sebanyak 12 orang, disusul Fraksi PKB dengan anggota 7 orang, Partai Demokrat sebanyak 6 orang, PKS 5 orang dan Fraksi Gerindra 4 orang.

Sedangkan dua fraksi lainnya, yakni Fraksi PAN-NasDem dengan total 4 orang anggota, serta Fraksi Madani yang notabene fraksi gabungan dari PBB, Partai Golkar dan Perindo dengan komposisi sebanyak tujuh anggota. [pin]



Apa Reaksi Anda?

Komentar