Politik Pemerintahan

Lestarikan Sumber Mata Air di Lembah Tretes Kediri, Tanam 2 Ribu Bibit Akar Wangi

kegiatan penghijauan

Kediri (beritajatim.com) – Pada musim penghujan ini dimanfaatkan oleh Pemkot Kediri bersama Perhutani, TNI, Polri dan Masyarakat untuk mengadakan penghijauan. Mereka menanam bibit vetiver atau akar wangi dan bibit pohon di lembah Tretes, Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Sabtu (22/2/2020)

Camat Mojoroto, M. Ridwan mengatakan, latar belakang kegiatan tersebut berangkat dari kejadian kekeringan di Lebak Tumpang, bila musim kemarau tiba. “Untuk itu diperlukan upaya penyelamatan dengan cara melakukan penanaman pohon di area hutan lebak tumpang ini,”kata M. Ridwan.

Peserta penghijauan mencapai 1000 orang dari berbagai komunitas pemberhati lingkungan, TNI Polri, ASN Pemkot Kediri dan masyarakat. “Sedangkan pohon yang ditanam mencapai 2000 pohon, terdiri dari pohon tabepuya, mahoni, terbesi dan vertiver atau akar wangi”terang M. Ridwan.

Vertiver atau Akar wangi atau narwastu adalah sejenis rumput yang berasal dari India. Tumbuhan ini dapat tumbuh sepanjang tahun, dan dikenal banyak orang sejak lama sebagai sumber wangi-wangian. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Poaceae, dan masih sekeluarga dengan serai atau padi.

Sekretaris Daerah Pemkot Kediri, Budwi Sunu, mewakili Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar, mengatakan bahwa menjaga lingkungan sehat itu sangat penting termasuk mempertahankan sumber air yang ada di Lebak Tumpang ini. “Maka diperlukan upaya berkesinambunga, salah satunya dengan penanaman pohon”kata Budwi Sunu.

Menurut Budwi Sunu, banyak daerah yang dilanda kekeringan. Dan untuk wilayah Kota Kediri yang sering dilanda kekeringan ada Lembah Tretes Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok ini. “Alam ini bukan warisan dari nenek moyang kita, tapi titipan dari anak cucu kita. Untuk itu harus kita jaga bersama”pungkas Budwi Sunu.

Hadir dalam acara penanaman pohon itu, Ketua PCNU Kota Kediri KH Abu Bakar Abdul Jalil, Kapolsekta Mojoroto Kompol Sartana, Danramil Mojoroto Kapten Muklasin, Lurah Pojok Erly Maya Muryarti, Perwakilan dari PT. Gudang Garam Tbk. dan para relawan pengiat lingkungan. [nm/kun]





Apa Reaksi Anda?

Komentar