Politik Pemerintahan

KPU Tuban Musahkan 1.539 Surat Suara

Tuban (beritajatim.com) – Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban bersama dengan Bawaslu dan juga Polisi, TNI, serta Kejaksaan Negeri Tuban melakukan pemusnahan Surat Suara Pilkada Tuban 2020, Selasa (8/12/2020) sore. Surat sura itu tidak lagi digunakan lantaran terdapat kelebihan dan juga surat suara yang mengalami rusak.

Pemusnahan berdasarkan hasil sortir dan penghitungan yang telah dilakukan sebelum surat suara didistribusikan ke masing-masing kecamatan. Pemusnahan itu dilakukan secara bersama-sama guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, pemusnahan surat suara yang tidak lagi digunakan itu dilakukan di halaman kantor KPU Tuban jalan Pramuka, Kota Tuban. Surat suara yang rusak maupun surat suara yang lebih tersebut awalnya disimpan dalam empat kardus yang selanjutnya dibakar secara bersama-sama.

“Untuk total semua surat suara yang kita musnahkan sebanyak 1.539 lembar,” ujar Kasmuri, Komisioner KPU Kabupaten Tuban yang ikut dalam proses pemusnahan surat suara itu.

Kasmuri menambahkan, jika dari jumlah 1.539 lembar surat suara yang dibakar tesebut sebagian besar merupaka surat suara yang kondisinya baik dengan total sebanyak 1.015 lembar. Sedangkan untuk surat suara yang ditemukan rusak dalam tahapan proses sortir dan lipat sebanyak 524 lembar saja.

“Untuk kategori kerusakan seperti ada sobek-sobek, ada bercak-bercak pada gambar surat suara. Sehingga kita kategorikan rusak. Ini semua kita musnahkan untuk menghindari penyalahgunaan,” pungkasnya. [mut/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar