Politik Pemerintahan

Jumlah Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Sampang Akan Dikurangi

Sampang (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang, berencana melakukan perampingan terhadap beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diantaranya, Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA), Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Diskumnaker.

“DKBPPPA yang berkaitan dengan urusan Keluarga Berencana (KB), nantinya akan digabung ke Dinas Kesehatan (Dinkes), dan urusan Perlindungan Anak dan Perempuan (PPA,) akan digabung ke Dinas Sosial (Dinsos), kata Imam Sanusi, Kabag Organisasi, kesekretariatan Pemkab setempat, Selasa (5/1/2012).

Lanjut Imam, untuk DKP, nantinya akan digabung ke Dinas Pertanian (Dispertan), dan Diskumnaker yang berkaitan dengan Koperasi, akan digabung ke Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagprin), serta urusan Ketenagakerjaan, akan digabung ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

“Dinas maupun badan yang tergabung di OPD yang semula ada 28 menjadi 25 OPD,” tegasnya.

Masih kata Imam, lantaran terjadi perampingan tentunya juga berimbas terhadap pejabat OPD terkait, semisal ada penghapusan eselon setingkat Kepala seksi dan Kepala bidang atau setara eselan IV atau III.

“Penataan perangkat daerah tersebut mengacu pada KemenPan dan Kemendagri. Kami bentuk pada 2016 lalu, dan kami evaluasi pada 2019-2020 dengan ditetapkan dengan Perda No 3 Tahun 2020,” pungkasnya.[sar/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar