Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Harapan MUI Pamekasan Soal Pilkades Serentak

Pamekasan (beritajatim.com) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 74 desa di 13 kecamatan berbeda di kabupaten Pamekasan, dipastikan digelar pada 23 April 2022 mendatang. Mendapat respon dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Setempat.

Sebab pada pelaksanaan pilkades serentak yang dipastikan digelar pada tanggal tersebut, terbilang hampir bersamaan dengan momentum Ramadan 1443 Hijriyah. Di mana umat Islam akan menjalankan rukun Islam, berupa puasa Ramadan.

Hal tersebut membuat MUI Pamekasan, mengirimkan surat secara langsung dan ditujukan kepada Bupati Pamekasan, Badrut Tamam tentang pelaksanaan pilkades serentak di wilayah tersebut. Serta tembusan kepada jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

“Sehubungan dengan akan dilaksanakannya pilkases serentak di Pamekasan, MUI Pamekasan mengharapkan kepada bapak bupati agar tidak dilaksanakan pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah,” tulis sebagian isi surat MUI Pamekasan yang yang ditandatangani Ketua, KH Ali Rahbini Abd Latif dan Sekretaris, Imam Santoso.

Harapan tersebut bukan tanpa alasan, sebab MUI hanya sangat berharap agar umat Islam lebih fokus pada pelaksanaan ibadah puasa Ramadan. “Hal ini untuk menjaga kesucian dan kehormatan bulan suci Ramadan, sehingga masyarakat fokus beribadah,” imbuhnya.

Berdasar ikformasi yang dihimpun beritajatim.com, surat MUI Pamekasan bernomor 31/DPK-MUI/PMK/1/2022 tertanggal 3 Januari 2022 atau 29 Jumadil Ula 1443 Hijriyah, dikirim sebelum kepastian penempatan pelaksanaan pilkades serentak.

Namun hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak terkait khususnya dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Pamekasan. Khusnsya seputar harapan dari MUI Pamekasan. [pin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar