Politik Pemerintahan

Diretas, Situs KPU Jember Lumpuh

Ketua KPU Jember Muhammad Syai'in

Jember (beritajatim.com) – Situs resmi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember, Jawa Timur, diretas. Terakhir dicek pada Rabu (7/10/2020) pukuyl 08.17, situs https://kab-jember.kpu.go.id lumpuh dan belum bisa diakses.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jember Muhammad Syai’in mengatakan, pihaknya mengetahui peretasan itu pada pukul tujuh malam, Selasa (6/10/2020). “Kami langsung melakukan perbaikan dan kemudian membuat laporan ke polisi,” katanya.

Syai’in tidak tahu siapa yang melakukan. Yang terang di halaman depan situs tersebut ada foto sekumpulan anak muda dan tertulis King./Soapres_h7. Selain itu, ada kalimat ‘Tolak Omnisbus Law’ dan umpatan kepada Dewan Perwakilan Rakyat.

Syai’in masih belum mengonfirmasi seberapa serius dampak peretasan terhadap pelayanan KPU Jember, termasuk juga kemungkinan adanya data yang hilang. Sugiono, salah satu staf KPU Jember, masih belum bisa memastikan soal ada tidaknya data yang hilang. “Saya masih cek ini,” katanya.

Begitu terjadi serangan, Staf KPU Jember langsung melakukan perbaikan hingga tiga kali. “Jam sebelas malam baru selesai,” kata Sugiono. Dia baru tahu jika pagi ini situs itu kembali tak bisa diakses.

Andi Wasis, salah satu komisioner KPU Jember, percaya data penting di situs itu aman. “Insya Allah tidak, karena itu terpusat di KPU RI. Setiap data yang kami upload, data aslinya ada,” katanya. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar