Politik Pemerintahan

Di Kota Malang Mayoritas Zona Hijau, Hanya 113 RT Masih Zona Kuning

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata saat meninjau RT zona hijau di RW 01 Sukoharjo, Klojen, Kota Malang.

Malang(beritajatim.com) – Dari total 4 ribuan rukun tangga (RT) di Kota Malang mayoritas telah berstatus zona hijau. Hanya 113 RT yang berstatus zona kuning. Selama Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di wilayah Kota Malang, Polresta Malang Kota rutin memantau hingga tingkat RT.

Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata mengatakan, di wilayahnya saat ini tidak ada satupun yang berstatus zona merah dan oranye. Dia memastikan seluruh RT telah terdata zonasi sesuai instruksi Mendagri nomor 3 tahun 2021 tentang PPKM berskala mikro.

“Sejauh ini di Kota Malang tidak ada zona merah dan zona oranye. Kita ada 113 zona kuning tingkat RT. Semua sudah terdata ada 4 ribu lebih RT di semua Kota Malang sudah ada benderanya mayoritas hijau,” kata Leonardus, Sabtu, (13/2/2021).

Leonardus mengatakan, dirinya memastikan PPKM Mikro berjalan dengan baik mulai tingkat kecamatan dan RT. Salah satunya yang ditinjau adalah RW 01 Sukoharjo, Klojen, Kota Malang. Di wilayah ini semuanya berstatus zona hijau.

“Kita memastikan tentang pemberlakuan PPKM Mikro sampai ke tingkat RT. Yang kita pantau benderanya hijau di RW 01 Sukoharjo tidak ada warga yang positif Covid-19. Semua RT benderanya hijau,” ujar Leonardus.

Leonardus mengatakan, untuk Kampung Tangguh Semeru tidak semua wilayah memilikinya. Tetapi untuk posko PPKM Mikro selalu ada di setiap RT. Dan disetiap Kampung Tangguh Semeru memiliki rumah isolasi sebelum dirujuk ke Rumah Karantina atau Rumah Sakit Lapangan.

“Kampung Tangguh Semeru dengan Posko PPKM tetapi ada di tempat lain yang berbeda. Posko di tingkat RT meski sederhana dipastikan ada. Di RW 01 ada rumah isolasinya, fungsinya transit sebelum dibawa ke Rumah Karantina Kawi atau Rumah Sakit Lapangan Ijen Boulevard,” tandasnya. (luc/ted)



Apa Reaksi Anda?

Komentar