Politik Pemerintahan

Bupati Jombang Tebar 70 Ribu Benih Ikan di Sungai Mojokambang

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab sedang melepaskan bibit ikan tombro di Sungai Avur Besuk Desa Mojokambang, Jumat (11/6/2021)

Jombang (beritajatim.com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menebarkan 70 ribu bibit ikan tombro di Sungai Avur Besuk, Dusun Krembung, Desa Mojokambang, Kecamatan Bandarkedungmulyo. Sungai yang masih alami itu diharapkan menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi pengungkit ekonomi warga.

Dengan didampingi sejumlah pejabat, Bupati Mundjidah mendekat ke pinggiran sungai. Di lokasi itu sudah disiapkan tangga bambu berlapis karpet serta ember berisi bibit ikan. Dengan membawa gayung, bupati kemudian menciduk air berisi ikan di ember. Dalam sekejab, bibit ikan itu sudah berenang bebas di sungai yang dekat area persawahan tersebut. Semua yang hadir memberikan aplaus.

Mundjidah berharap, program tebar benih ikan atau restocking ini mampu menjadi pengungkit kesejahteraan masyarakat Mojokambang. Terlebih untuk memulihkan kembali ekonomi di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Apalagi oleh Ibu Kepala Desa (Kades) Mojokambang akan dirintis dengan mendirikan warung penyetan ikan, tentu kedepan jika promosinya dilakukan lewat medsos dan diketahui masyarakat luas, pasti berkembang. Bahkan bisa menjadi wisata desa. Sehingga bisa menggerakkan roda ekonomi warga,” ujar Bupati Jombang.

Lebih jauh, Bupati Mundjidah berpesan kepada masyarakat sekitar agar sabar dan tidak buru-buru memanen ikan tersebut sebelum berusia tiga bulan. Dengan begitu ikan yang ditebar itu bisa memberikan manfaat secara maksimal.

Mundjidah juga meminta agar pemanfatan ikan jangan sampai dilakukan berlebihan. Dalam arti, penangkapan ikan harus menggunakan sistem ramah lingkungan, semisal menggunakan kail. “Jangan pakai setrum, racun ikan, serta bom ikan. Karena semua itu menyalahi aturan. Harus yang ramah lingkungan,” ungkapnya.

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menebar ikan tombro

Pada acara tersebut Bupati Jombang didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Murti Cahyani, Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, Camat Bandarkedungmulyo Mahmudi, Kepala Desa Mojokambang Naning Setyowati berikut perangkat desa, serta KUB Sobo Kali.

Murti Cahyani menambahkan bahwa potensi perairan umum daratan di Kabupaten Jombang terdiri dari sungai sepanjang 355 kilometer dan waduk seluas 42,04 hektar. Produksi ikan hasil tangkap tahun 2019 sebesar 170,1 ton, lalu pada 2020 sebesar 150,4 ton.

“Dalam restocking di Sungai Avur Besuk, Desa Mojokambang ini kami tebarkan benih ikan tombro sebanyak 70 ribu ekor. Semoga memberikan manfaat bagi warga sekitar,” kata Murti di lokasi. [suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar