Politik Pemerintahan

15 Musda Golkar di Jatim Berakhir Aklamasi, Mesin Baru Hadapi Pilkada

Ketua DPD Partai Golkar Jatim, M Sarmuji

Surabaya (beritajatim.com) – Ketua DPD Partai Golkar Jatim M Sarmuji menegaskan, partainya telah memutuskan mengambil jalan demokrasi dalam pergantian kepemimpinan.

“Golkar sudah memilih jalan demokrasi untuk pergantian kepemimpinan, semua orang harus diajak bicara. Memang butuh energi lebih besar dibandingkan ditunjuk dari atas. Mereka akan merasa dilibatkan, dan ada partisipasi untuk membesarkan dan membangun Golkar,” kata Sarmuji kepada wartawan di kantornya usai pelaksanaan Musda DPD II Partai Golkar Kabupaten Bojonegoro yang berakhir aklamasi, Kamis (6/8/2020).

Menurut Sarmuji, Musda Bojonegoro adalah pelaksanaan Musda yang ke-15 dan berakhir aklamasi. “Kami ditargetkan DPP dua bulan harus selesai seluruh musda DPD II di Jatim, batas akhirnya 31 Agustus. Di Jatim, sudah 15 DPD II yang melaksanakan musda 15 dan hasilnya aklamasi semua. Sisanya sebanyak 13 daerah diperkirakan akan aklamasi juga,” tuturnya.

Mengapa diusahakan aklamasi? “Kita antisipasi dari awal, jika ada beberapa calon dan ada kesepahaman, lebih enak. Siapa yang menangkan kontestasi harus merangkul yang kalah, kalah harus legowo. Kami akan menempuh permusyawaratan,” imbuhnya.

Sebanyak 15 daerah yang sudah melakukan Musda adalah Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Kota Mojokerto Kota, Kabupaten Mojokerto, Ponorogo, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Bondowoso, Bojonegoro, Bangkalan, Sampang, Banyuwangi dan Trenggalek.

“Pelaksanaan musda ini juga menyambut pilkada. Prioritas dari DPP adalah bagi daerah yang akan menggelar Pilkada. Setelah musda diharapkan sudah ada mesin baru, orang baru lebih fresh dan semangat baru. Dari 19 pilkada di Jatim pada 9 Desember 2020, kami tetap target kemenangan sebesar 60 persen atau 12 pilkada. Yang pasti kami ingin menang berkualitas. Kalau menang melawan bumbung kosong itu tidak dianggap menang berkualitas,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Bojonegoro yang terpilih kembali dalam Musda, Mitroatin mengaku siap menjalankan amanah yang diberikan oleh 28 pengurus kecamatan (PK). “Saat ini ada 5 kursi DPRD Bojonegoro. Saya akan berjuang keras meraih suara Golkar. Kalau tidak tercapai, saya akan mundur. Paling tidak minimal saya akan mengembalikan menjadi 7 kursi kembali,” pungkasnya. [tok/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar