Peristiwa

Viral Video Jenazah Pasien Covid-19 Tertukar saat Hendak Dimakamkan

Jenazah yang tertukar dan dibawa kembali petugas medis di kompleks pemakaman, Surabaya, Rabu (24/6/2020).(Tangkap Layar)

Surabaya (beritajatim.com) – Surabaya kembali digemparkan dengan kabar jenazah pasien covid-19 tertukar dengan pasien umum. Kabar tersebut beredar beredar di dunia maya dan jejaring sosial, Rabu (14/6/2020). Jenazah tertukar saat hendak dimakamkan di kompleks pemakaman di Kota Surabaya.

Bahkan kabar tersebut sempat terekam video berdurasi 1 menit 39 detik, dan terlanjur viral di media sosial WhatsApp (WA) Group. Dalam video rekaman tersebut, sejumlah petugas berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) baju Hazmat, tampak sibuk mengangkat sebuah peti jenazah berwarna gelap, dan terselubung lapisan plastik.

Tak hanya itu, petugas tampak mengangkat kembali peti berisi mayat tersebut dari sebuah petak makam menuju ke mobil jenazah jenis minibus. Setelah ditelusuri, insiden yang diduga jenazah tertukar saat dimakamkan itu terjadi di komplek pemakaman Pagesangan, Surabaya.

Edi Purwanto, warga setempat membenarkan kabar adanya jenazah tertukar saat hendak dimakamkan. Jenazah itu adalah tetangganya, bernama Samsul Huda, pensiunan karyawan pabrik sabun di Surabaya yang tinggal di Jalan Pagesangan, Jambangan, Surabaya. “Iya benar sempat tertukar dan dibawa kembali jenazahnya dan sekarang sudah dimakamkan,” ujarnya di komplek pemakaman.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, insiden tersebut terjadi sekira pukul 10.00 WIB. Saat itu dirinya dan warga lain ikut ke pemakaman. Warga yang menemani keluarga almarhum hendak menunggu kedatangan jenazah yang diangkut mobil jenazah dari sebuah rumah sakit.

“Nah saat diturunkan oleh petugas medis, ternyata peti yang turun adalah jenazah seorang perempuan yang tinggal di kawasan Wonocolo, Surabaya.

“Baru tadi sekitar jam 10-an. Terus diturunkan udah siap, pas diturunkan lho namanya perempuan. Akhirnya dibawa kembali ke atas mobil,” paparnya.(man/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar